Header Ads

Banner_KPU

Tujuh Hal Penting harus Diperhatikan Parpol Pengusung Kandidat

Banani Bahrul
Kepala Divisi Teknis KPU Kota Tangerang
KOTA TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan mengumumkan pendaftaran pasangan calon dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang pada 1 Januari hingga 7 Januari 2018 mendatang. KPU Kota Tangerang percaya, partai politik telah memahami aturan main.

“Kami percaya partai politik memahami ketentuan peraturan perundang-undangan, khususnya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 berikut Undang-Undang yang diubahnya dan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017,” ujar Banani Bahrul, komisioner KPU Kota Tangerang.

Namun, dalam hal pengusungan kandidat atau bakal pasangan calon, Bahrul menjelaskan, bahwa ada tujuh poin yang penting untuk diperhatikan.

Pertama, partai politik atau gabungan partai politik hanya dapat mendaftarkan satu bakal pasangan calon.

Kedua, partai politik dapat bersepakat dengan partai politik lain untuk membentuk gabungan dalam mendaftarkan bakal pasangan calon.

Ketiga, partai politik atau gabungan partai politik melakukan kesepakatan dengan bakal pasangan calon untuk didaftarkan mengikuti Pilkada.

Keempat, partai politik atau gabungan partai politik yang telah mendaftarkan bakal pasangan calon kepada KPU Kota Tangerang, tidak dapat menarik dukungannya sejak pendaftaran.

Kelima, jika partai politik atau gabungan partai politik menarik dukungan dan/atau menarik bakal calon dan/atau bakal pasangan calon yang telah didaftarkan, partai politik atau gabungan partai politik tersebut dianggap tetap mendukung bakal pasangan calon yang bersangkutan dan tidak dapat mengusulkan bakal calon atau bakal pasangan calon pengganti.

Keenam, bakal calon yang telah menandatangani kesepakatan pengusulan dan telah didaftarkan kepada KPU Kota Tangerang, tidak dapat mengundurkan diri sejak pendaftaran.

Ketujuh, jika bakal calon mengundurkan diri, partai politik atau gabungan partai politik yang mencalonkan tidak dapat mengusulkan bakal calon dan/atau bakal calon pengganti dan pencalonannya dinyatakan gugur.


“Tujuh poin itulah yang mengikat antara KPU Kota Tangerang dan partai politik dalam pengusungan bakal pasangan calon,” pungkas Bahrul. (Humas KPU Kota Tangerang)

Tidak ada komentar