Header Ads

Banner_KPU

KPU Sudah Didatangi Peminat Calon Perseorangan

TANGERANG -- Meski tahapan pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang belum dimulai tapi KPU Kota Tangerang sudah didatangi peminat calon perseorangan. Hal itu disampaikan oleh komisioner KPU Kota Tangerang Banani Bahrul. “Ya, betul, sudah ada yang datang ke kantor kami, berkonsultasi mengenai syarat pencalonan melalui jalur perseorangan,” kata Bahrul. 

Lebih lanjut Bahrul menyampaikan, peminat calon perseorangan itu berkonsultasi tentang jumlah syarat minimal yang mesti terpenuhi dan dokumen dukungan yang dibutuhkan. “Kami jelaskan, sesuai Peraturan KPU, bahwa dengan jumlah penduduk yang termuat dalam DPT pada Pilgub 2017 1.127.914 maka jumlah dukungan yang mesti terhimpun adalah paling sedikit 6,5 persen atau 73.315 dukungan,” ujar komisioner yang membidangi teknis ini. 

“Terkait dokumen dukungan, kami jelaskan pula, dokumen itu berupa surat pernyataan dukungan yang dilampiri fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan yang diterbitkan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Tangerang.” Bahrul menambahkan, surat pernyataan dukungan dapat disusun secara perorangan atau kolektif per kelurahan. 

KPU Kota Tangerang tengah menyusun pedoman teknis pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang dengan mengacu kepada Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017. Sesuai jadwal, KPU Kota Tangerang akan mengumumkan syarat minimal dukungan calon perseorangan pada 9-22 November 2017, dan pada 25-29 November 2017 adalah jadwal penyerahan syarat dukungan. (Humas KPU Kota Tangerang)

Tidak ada komentar