Menuju Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018

Kejaksaan Siap Tandatangani MoU Penanganan Masalah Hukum dengan KPU

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang berencana untuk menjalin kerja sama penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang. Atas rencana ini, Kapala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Tangerang menyambut baik niat KPU Kota Tangerang.

“Kami sangat apresiasi dengan rencana KPU untuk minta pendampingan hukum kepada kejaksaan selama pelaksanaan Pilkada. Kalau perlu, kita buat MoU (kesepakatan kerja sama), tentang ranah penanganan hukum mana saja yang bisa dikerja samakan,” kata Kajari Tangerang, Edyward Kaban, saat silaturahmi KPU Kota Tangerang ke Kejaksaan Negeri Tangerang, Rabu (9/8).

Menurut Edyward, KPU Kota Tangerang tidak perlu takut dalam menjalankan tugasnya, baik dalam kegiatan yang sudah direncanakan dan tentang pengadaan-pengadaan yang akan dilaksanakan selama proses Pilkada Kota Tangerang 2018. “Selama sesuai aturan, jalan saja. Kalau ragu, kami siap memberikan pendampingan kajian hukum untuk KPU,” tegas Edyward.

Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Kota Tangerang, Marolop Pandiangan mengatakan, Kejari Tangerang juga memiliki jaksa pengacara negara (JPN) yang bisa dimanfaatkan untuk membantu KPU dalam menangi sengketa hukum yang dihadapi. Baik sengketa administrasi, tata usaha negara, bahkan sengketa hasil pemilihan.

“Prinsipnya, kejaksaan bisa memberikan bantuan pada masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara yang dibutuhkan KPU Kota Tangerang. Bahkan bisa dituangkan dalam MoU kerja samanya,” kata Marolop Pandiangan.

Kepala Divisi Hukum, Komisioner KPU Kota Tangerang, Wahyul Furqon mengatakan, KPU Kota Tangerang akan segera menindaklanjuti rencana kerja sama yang akan KPU laksanakan bersama Kejari Kota Tangerang. Sinkronisasi naskah MoU juga akan diselesaikan dalam pekan ini. “Jika semua sudah siap, kita akan langsung tandatangani bersama MoU tersebut,” kata Wahyul.

Ditambahkan Wahyul, pendampingan hukum yang diberikan Kejari Kota Tangerang memang sangat dibutuhkan KPU. “Kita sangat perlu bekerja sama dalam penanganan hukum ini, karena kami yakin semakin banyak orang yang terlibat dalam kesempurnaan proses Pilkada, Pilkada Kota Tangerang bukan hanya sukses tahapan juga sukses semuanya. Seperti tagline KPU Kota Tangerang, Bersama Sukseskan,” pungkas Wahyul. (Humas KPU Kota Tangerang)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar