Menuju Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018

BNN : Calon Walikota dan Wakil Walikota Harus Bebas Narkoba

TANGERANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang mendukung upaya KPU Kota Tangerang dalam memastikan semua calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan maju dalam Pilkada Kota Tangerang 2018 bebas Narkotika. Demikian dinyatakan Kepala BNN Kota Tangerang, AKBP Akhmad F. Hidayanto saat kunjungan KPU Kota Tangerang ke kantornya, Rabu (2/8).

Menurut Akhmad, BNN siap membantu KPU dalam proses pemeriksaan kesehatan calon walikota dan wakil walikota pada Pilkada mendatang. “Salah satu klausul dalam UU 10 Tahun 2018, tentang Pilkada, calon walikota, wakil walikota, bupati, wakil bupati, gubernur, wakil gubernur harus bebas Narkoba. Jika diminta KPU kami siap untuk menguji para calon yang akan maju di Pilkada Kota Tangerang,” kata Akhmad.

Meski baru bentuk sebulan terakhir, dipastikan Akhmad bahwa, jajarannya akan mampu menjalankan tugas pemeriksaan benas narkoba bagi calon walikota dan wakil walikota. Sebab, secara profesional, SDM yang ada di BNN Kota Tangerang siap. “Intinya, kalau KPU butuh kami, kami siap,” tegasnya.

Kepala Divisi Hukum, Komisoner KPU Kota Tangerang, Wahyul Furqon mengatakan, sesuai dengan ketentuan PKPU 4 Tahun 2017, pada Pasal 4 Ayat 1 point e disebutkan, syarat calon walikota dan wakil walikota salah satunya, mampu secara jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari tim dokter yang terdiri dari dokter, ahli psikologi dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Karena ada persyaratan wajib harus beban narkoba, maka kami akan melibatkan BNN dalam proses pemeriksaan kesehatan calon. Untuk itu, kami ingin memastikan bahwa kerjasama antara tim dokter dari IDI dan juga tim bebas narkoba dari BNN bisa bekerjasama baik dengan KPU,” katanya.


Kata Wahyul, KPU juga berterimakasih atas kesediaan BNN Kota Tangerang mau terlibat dalam pemeriksaan bebas narkoba yang disyaratkan dalam proses pencalonan yang akan dilaksanakan KPU. “Dengan kesediaan BNN, kami yakin bahwa proses pemeriksaan kesehatan calon yang akan kami laksanakan bersama-sama dengan IDI dan BNN bisa menciptakan calon yang sehat jasmani, rohani dan juga bebas narkotika,” tandasnya. (Humas KPU Kota Tangerang)
Share on Google Plus

About Akang Sanusi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar