Header Ads

Banner_KPU

Kuatkan Sistem Informasi Sosialisasi Pilkada, KPU Gandeng Organisasi Pers

TANGERANG – Menghadapi Pilkada Kota Tangerang 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mengunjungi tiga lembaga pers di Kota Tangerang, Selasa (25/7). Kunjungan kali ini dalam rangkan mejajaki kerjasmaa sosialiasi Pilkada yang akan dihelat pada 27 Juni 2018 mendatang.

Ketiga lembaga pers tersebut, Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Tangerang, Persatuan Wartawan  Indonesia (PWI) Kota Tangerang, dan jajaran redaksi koran Satelit News. “Tiga lembaga ini adalah langkah pertama menggenapi 7 lembaga pers yang akan kami kunjungi dalam rangka sosialisasi persiapan Pilkada Kota Tangerang 2018,” kata Wahyul Furqon, Anggota Divisi Divisi Hubungan Partisipasi Masyarakat, Komisioner KPU Kota Tangerang.

Kata Wahyul, empat lembaga pers lainnya yang akan dikunjungi adalah, Forum Wartawan (Forwat) Tangerang, redaksi Tangerang Ekspres, redaksi Radar Banten perwakilan Tangerang, dan redaksi Tangerang Raya. “Untuk empat lembaga lainnya akan kami kunjungi, Rabu (26/7). Ketujuh lembaga ini cukup mewakili representasi media yang ada di Kota Tangerang,” kata Wahyul.

Selain menyampaikan informasi persiapan Pilkada Kota Tangerang, kunjunga KPU Kota Tangerang ke kalangan pers, dimaksudkan untuk menyerap aspirasi dan mendengar usulan para pemanggku kebijakan bidang jurnalistik dalam penguatan sistem informasi dan sosialisasi Pilkada Kota Tangerang 2018. “Yang jelas kami butuh masukan media untuk penerapan sistem informasi Pilkada yang efektif, efesien, masif, konstrukif dan mengenai sasaran langsung kepada masyarakat luas,” tandasnya.

Dalam kunjungan ke Pokja Wartawan Tangerang, Penangungjawab Peliputan Kota Tangerang Tommy Okgani mengatakan, Pokja akan senantiasa siap membantu KPU menyukseskan Pilkada Kota Tangerang. Khusus sistem informasi, sinergisitas informasi yang harus disampaikan media harus sudah disusun KPU sebelum diberitakan kepada khalayak. 

“Kami rasa untuk bantuan penyebaran informasi kami siap untuk bantu, bahkan kalau dilibatkan langsung dalam sosialisasi kami juga siap,” katanya dihadapan perwakilan KPU Kota Tangerang, termasuk Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi, Kepala Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik, Nurhalim, Kepala Divisi Perencanaan dan Data, Ahmad Syailendra, dan Kepala Divisi Tekpem, Banani Bahrul.

Sementara pihak PWI Kota Tangerang meghapkan, KPU harus menyiapkan media center yang lebih baik untuk menunjang kegiatan peliputan di KPU. “Puluhan anggota PWI Kota Tangerang siap membantu KPU. Dan kami harap, fasilitas dalam media center juga harus menunjang kegiatan peliputan wartawan, tanpa terkecuali siapapun wartawannya dan dari mana lembaganya atau medianya,” kata Madjid, Sekretaris PWI Kota Tangerang.

Senada diungkapkan Direktur Satelit News, Muhammad Fahmi, sebagai perusahaan pers pertama di Kota Tangerang, Satelit News akan membuatkan rubrik-rubrik dan halaman khusus untuk KPU dalam upaya mensosialisasikan dan memberitakan kegiatan Pilkada 2017. Tidak hanya di Kota Tangerang, tiga Kabupaten/Kota yang juga Pilkada di Banten juga akan kami akomodir. 

“Di Banten ini ada 4empat daerah yang Pilkada, Lebak, Kota Serang, Kota Tangerang dan Kabupaten Tagerang. Untuk itu, kami sudah siapkan halaman khusus Pilkada dan rubrik Pilkda. Namun, khusus untuk Kota Tangerang kami juga akan siapkan yang lebih khusus lagi pada salah satu rubrik di halaman Pilkada itu,” dukung Fahmi. (Humas KPU Kota Tangerang)

Tidak ada komentar