Menuju Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018

KPU Gelar Diseminasi Data Pemilih Berkelanjutan Bersama Parpol


TANGERANG – Menggenapi langkah awal pelaksanaan program pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar Diseminasi data pemilih bersama dengan pengurus partai politik di wilayahnya, Rabu (26/7).

“Diseminasi (penyampaian informasi) program pemutakhiran data pemilih berkalanjutan ini merupakan program pusat yang harus kami laksanakan mulai periode tahun ini. Dengan adanya data pemilih berkelanjutan ini, diharapkan kedepannya data pemilih semakin akurat,” kata Ahmad Syailendra, Kepala Divisi Perencanaan dan Data, Komisioner KPU Kota Tangerang.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang tersebut, lebih jelas Syailendara menyampaikan, program tersebut wajib disampaikan kepada pemangku kepentingan dari partai politik, karena partai pula yang nantinya sebagai user (pengguna) data untuk kepentingan PIleg, Pilpres, maupun Pilkada. “Disemninasi data ini penting bagi kami, dan wajib diketahui Parpol,” ucap pria yang akrab disapa Indra.

Dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini. KPU sudah menggandeng Disdukcapil dalam sinkronisasi data temuan KPU yang nantinya lebih akurat lagi. “Penyisiran data dimulai dari penghimpunan data pemilih tambahan (DPtb) dan C6 yang dikembalikan saat pilkada terakhir. Usai dihimpuin akan disinkronisasikan kepada Disdukcapil Kota Tangerang untuk akurasi data,” paparnya.

Hariyanto, utusan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tangerang mengatakan, dalam proses pemuitakhiran data pemilih berkelanjutan ini, KPU baiknya bisa menyampaikan hasil pemutakhiran berkalanya kepada pihak parpol. “Minimal tiga bulan sekali dilaporkan perkembangan datanya ke partai,” imbuhnya.

Muhammad Amin, utusan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Irfan, perwakilan dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), keduanya menyampaikan, KPU harus lebih maksimal lagi menjalankan program pemutakhiran melalui petugas pemutakhiran. Sebab, pihaknya melihat masih ada proses pemutakhiran yang dilakukan petugas pemutakhiran yang belum maksimal. “Program ini kami dukung dengan perbaikan-perbaikan di sisi SDM, akurasi, dan kesempurnaan sensus oleh PPDP (Petugas PEmutakhiran Data Pemilih),” pinta keduanya.

Kasi Data Disdukcapil Kota Tangerang Agus mengatakan, pihaknya siap membantu penyempuranaan data dalam program pemutakhiran data berkelanjutan yang dilaksanakan KPU. “Sudah tugas pemerintah membantu KPU melakukan perbaikan-perbaikan proses demokrasi. Khusus bagian data, Disdukcapil siap membantu penuh,” tegasnya. (Humas KPU Kota Tangerang)


Share on Google Plus

About Akang Sanusi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar