Menuju Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018

GP Ansor Sambangi RPP Nyimas Melati, Dorong Data Pemilih Berkualitas

TANGERANG -- Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Tangerang menyambangi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nyimas Melati, KPU Kota Tangerang, Kamis (20/7). Selain belajar soal kepemiluan, belasan perwakilan GP Ansor Kota Tangerang tersebut mendorong supaya data pemilih di Kota Tangerang semakin berkualitas.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) GP Ansor Kota Tangerang, Ahmad Darojat mengatakan, secara keseluruhan profesionalisme KPU Kota Tangerang sudah sangat baik saat ini. Bahkan, dia mengakui bahwa, tata kerja dan kelola di KPU Kota Tangerang sudah sesuai aturan. 

"KPU (Kota Tangerang, red) kami lihat sudah On The Track. Kami apresiasi itu dan kami harap dalam Pilkada Kota Tangerang 2018, proses dan sikap profesionalisme komisioner KPU semakin baik dan bisa menuntaskan masa jabatannya dengan baik pula," kata Darojat.

GP Ansor, kata Darojat, juga akan terus mengawal dan mengkritisi segala kebijakan KPU Kota Tangerang. "Kami akan kawal KPU kalau benar, dan akan kami kritisi kalau ada salah. Makanya, kami datang kali ini untuk melihat RPP dan juga untuk berdiskusi soal kegiatan dan perkembangan demokrasi di Kota Tangerang. Yang sudah sesuai lanjutkan, yang belom sempurna kami harap bisa disempurnakan," imbaunya.

Salah satu yang jadi titik pengawasan GP Ansor adalah soal data pemilih. Mereka berharap bahwa pendataan pemilih untuk Pilkada Kota Tangerang semakin baik lagi dan lebih berkualitas. "Saya pernah ada di lapangan sebagai saksi calon. Saya lihat sebelumnya, masih ada warga yang datanya belum tercatat dan masih ada data ganda. Makanya, kami harap data Pilkada kedepan harus makin berkualitas," pinta Sudibyo, salah satu perwakilan GP Ansor.

Menyikapi hal itu, Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi mengatakan, cukup apresiatif atas penilaian baik yang diutarakan GP Ansor. Namun demikian, terhadap kritik yang disampaikan akan jadi peringatan KPU untuk bekerja lebih baik lagi. 

"Terimakasi atas apresiasinya. Kami tentu akan melakukan yang terbaik di KPU," kata Sanusi, yang saat kunjungan itu didampingi oleh seluruh jajaran Komisoner KPU Kota Tangerang, Nurhalim (Kepala Divisi Umum, Keuangan, dan Logistik), Wahyul Furqon (Kepala Divisi Hukum), dan Banani Bahrul (Kepala Divisi Teknis Kepemiluan). 

Ditambahkan Kepala Divisi Perencanaan dan Data pada KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra, atas masih adanya temuan data pemilih yang belum akurat, Syailendra menyampaikan bahwa saat ini KPU tengah menjalankan program Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. "Nah, bagi warga yang namanya belum ada di DPT bisa langsung laporkan ke KPU, bisa cek nama-nama DPT di https://data.kpu.go.id/ kalau tidak ada namanya silahkan laporkan, biar dicatat KPU," jelas Syailendra.

Prinsipnya, sambung Syailendra, KPU sangat terbuka atas kritik apapun yang memang jadi tanggungjawab KPU. Khusus soal data, diupayakan dalam Pilkada mendatang akan lebih akurat dan berkualitas. "Ingat, yang belum ada KTP Elektronik segera rekam ke Disdukcapil, yang belum ada di DPT silahkan laporkan kepada kami, dan ini harus ada yang ingat mengingatkan ke masyarakat agar mereka juga mau mengecek datanya di website data KPU," tandasnya.

Usai melakukan diskusi, seluruh rombongan GP Ansor melanjutkan tour wawasan kepemiluan di RPP Nyimas Melati, mereka mengelilingi mulai dari ruang galeri dan infografis pemilu, ruang galeri poto dan studio mini untuk menyaksikan film dokumentar kepemiluan. (Humas KPU Kota Tangerang)

Share on Google Plus

About Akang Sanusi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar