Hasil Pilkada 2017 Bisa Dicek Secara Online Melalui Scan C1 dan Tabulasi Perolehan Suara
KPU Kota Tangerang Gelar Rakor Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng)

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang memastikan bahwa hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 bisa diakses langsung secara online oleh masyarakat. Hal ini tidak hanya berlaku di Kota Tangerang, namun juga seluruh wilayah yang melaksankan Pilkada Serentak 2017 ini.

Kepala Divisi Program dan Data KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, Situng ini digunakan dalam rangka prosesi scan C1 dan juga tabulasi hasil rekapitulasi suara di PPK, KPU dan KPU Provinsi. “Hari ini (1/2) kami gelar Rakor (Rapat Koordinasi) dengan PPK dalam rangka menguatkan Situng dan pengaplikasiannya di lapangan,” jelas Indra.

Soal prosesi Scan C1, kata pria yang akrab di sapa Indra, tiap hasil perolehan surara pasangan calon di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tertuang dalam folmulir C1, nantinya akan sampaikan kepada KPU Kota Tangerang melalui PPS dan PPK. Setelah sampai di KPU Kota Tangerang, folmulir tersebut langsung discan dan diunduh di website KPU. “Dengan pengunduhan kedalam website ini, semua pihak dalam melihat langsung hasil perolehan suara di masing-masing TPS,” katanya.

Terkait dengan proses tabulasi yang juga masuk dalam Situng, beber Indra, setiap hasil rekapitulasi perolehan suara di PPK (Formulir Model D1) dan KPU (Folmulir Model DB1) nantinya juga akan diupload langsung ke dalam website. “Dalam Pilkada kali ini, bukan hanya hasil perolehan suara di TPS saja yang dapat diakses langsung secara online, hasil di PPK dan KPU juga bisa dilihat langsung secara online oleh masyarakat,” tandasnya.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi menambahkan, untuk menunjang seluruh kegiatan scan dan tabulasi hasil perolehan suara ini, KPU Kota Tangerang sudah menyiapkan atribut yang dibutuhkan. Antara lain, empat unit scaner, delapan operator Situng, anggaran pengiriman C1 dari TPS ke PPS, PPK hingga KPU Kota Tangerang dan juga kebutuhan lainnya. “Sistem ini dipastikan akan berjalan baik,” tegasnya.

Tak cukup sampai di situ, Sanusi juga mengatakan bahwa, pihaknya memastikan bahwa proses Pilkada Banten 2017 di Kota Tangerang akan berjalan penuh integritas dalam proses. Bahkan, PPK, PPS sampai KPPS ditekan untuk dapat menjaga integritasnya atas proses Pilkada mulai dari tahapan awal hingga akhir Pilkada. “Kami ingin proses perolehan suara ini berjalan penuh keterbukaan dan penuh integritas,” pungkasnya. *(Humas KPU Kota Tangerang)*
Share on Google Plus

About Media center

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. Mengapa hanya saya yg tidak dapat kartu pemilih? Sedangkan seluruh keluarga saya dpt kartu pemilih..

    BalasHapus
  2. Di kel panunggangan banyak yg ga terdaftar.pas mau milih pakai ktp sama kk ga boleh krn tidak ada di dpt.gimana ini?bikin aturan tp ga kepakai.ga jelas

    BalasHapus
  3. Di kel panunggangan banyak yg ga terdaftar.pas mau milih pakai ktp sama kk ga boleh krn tidak ada di dpt.gimana ini?bikin aturan tp ga kepakai.ga jelas

    BalasHapus