Sortir dan Lipat Surat Suara, KPU Kota Libatkan 110 Warga  

TANGERANG – KPU Kota Tangerang telah menerima surat suara Pilgub Banten yang dikirim KPU Banten dari percetakan langsung. Surat suara tersebut langsung disortir dan dilipat. Sedikitnya, KPU Kota Tangerang melibatkan 110 warga sekitar untuk melakukan sortir dan pelipatan. Untuk setiap satu surat suara yang disortir dan dilipat, warga mendapat bayaran Rp125. Total surat suara  yang disortir dan dilipat sebanyak 1.127.914 lembar ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.
“Sejak kita terima, langsung kita lakukan penyortiran dan pelipatan yang kita rekrut tenaganya warga di sekitar KPU Kota sebanyak 110 orang,” kata  Divisi Logistik KPU Kota Tangerang, Nurhalim.
Dikatakan, waktu penyortiran dan pelipatan seluruh surat suara dilakukan selama 5 hari sejak Minggu sampai Kamis. Sebelumnya, mereka diberikan pengarahan secara benar agar hasilnya akurat. Sehingga surat suara yang bagus dengan surat suara yang cacat, benar-benar terpisah setelah dilakukan penyortiran. Adapun kategori surat suara yang cacat atau rusak, kata Nurhalim, seperti robek, bolong, kertas mengkerut atau melipat, terdapat bercak noda, gradasi warna tidak sempurna, warna cetakan tembus. “Setelah disortir, baik yang rusak maupun yang bagus semua kertas suara dihitung. Yang rusak tetap kita catat dan disimpan sebagai bukti,” ujarnya.
Disebutkan, selama proses sortir dan pelipatan surat suara yang dikerjakan oleh warga di lantai 3 KPU Kota Tangerang, dilakukan pengamanan ekstra oleh petugas kepolisian dan petugas keamanan dalam. “Ruangan dijaga ketat baik siang maupun malam oleh petugas secara bergantian. Pun begitu dengan petugas sortir yang akan pulang diperiksa terlebih dahulu,” ujarnya.
 Toni, salah seorang warga mengaku senang ikut terlibat dalam proses sortir dan pelipatan surat suara Pilgub Banten. Diakui, dalam sehari ia bisa melipat 8.000 sampai 12 ribu surat suara tergantung dari kekompakan tim. “Harus benar-benar teliti melihat dan menghitungnya. Nanti yang rusak kita pisahkan,” ujarnya.  (Humas KPU Kota Tangerang)


Share on Google Plus

About Media center

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar