Pendaftaran KPPS Pilkada Banten Dibuka 15 November 2016

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten akan segera membuka pendaftaran badan adhoc Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada 15 November 2016 mendatang. Dalam perekrutan KPPS ini, KPU Banten berharap seluruh penyelenggara adhoc bersih dari kepentingan calon maupun parpol pengusung calon yang berkontestasi dalam Pilkada Banten 2017.
Komisoner KPU Kab/Kota saat Rakor Pembentukan KPPS

Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna mengatakan, sesuai tahapan Pilkada Banten 2017, pada tanggal 15 November 2016 merupakan waktu pengumuman perekrutan badan adhoc KPPS. Adapun proses pembentukannya sampai dengan 14 Januari 2017. 

“Dalam sepekan kedepan KPU Banten akan membuka pendaftaran KPPS. Kami harapkan dalam proses perekrutan nanti dapat menghasilkan anggota KPPS yang lebih baik,” kata Agus dalam Raapat Koordinasi Pembentukan KPPS bersama dengan seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Banten di Aula KPU Provinsi Banten, Serang, Senin (7/11/2016).

Harus Bersih Dari Kepentingan Calon dan Parpol
Agus mengutarakan, dalam perekrutan KPPS mendatang, KPU Banten mengingatkan agar KPU Kabupaten/Kota mengawasi dengan ketat para anggota PPS yang melakukan perekrutan untuk dapat dipastikan bahwa tidak ada personal KPPS manapun yang berafiliasi dengan calon serta partai politik pendukung calon, timses atau simpatisan calon tertentu. 

“Karena KPPS ujung tombak di lapangan, jangan sampai anggota KPPS masih ada masalah. Yang dipilih harus yang tidak ada masalah, harus orang-orang baru dan terbaik. Kepentingan siapapun yang mengganggu netralitas KPPS ini jangan pernah diakomodir. Harus memilih KPPS yang baik dan bersih,” tegas Agus Supriyatna.

Sekedar informasi, susunan keanggotaan KPPS berjumlah 7 orang KPPS. Dimana 1 orang anggota KPPS menjabat sebagai ketua sekaligus anggota dan 6 orang lainnya berstatus sebagai anggota KPPS. Dimana dalam pemilihan ketua KPPS dipilih oleh semua anggota KPPS. “Kita semua harus memastikan dalam perektutan KPPS ini benar-baner berintegritas,” tandas Agus.

Kepala Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Banten Enan Nadia menambahkan, jadwal rekrutmen KPPS ini sudah dibuat oleh KPU Banten. Yakni, 15 November 2016 sampai dengan 29 November 2016, Pengumuman Pendaftaran Melalui Media Massa, Website KPU Kabupaten/Kota. 30 November 2016 sampai dengan 14 Desember 2016, Penerimaan Pendaftaran di Sekretariat PPS,  15 Desember 2016 sampai dengan 21 Desember 2016, Penelitian Administrasi. 

Dilanjutkan Enan, selanjutnya pada 22 Desember 2016 sampai dengan 28 Desember 2017, Tanggapan Masyarakat.  29 Desember 2017 sampai dengan 12 Januari 2017, Melakukan Kerjasama Jika Tidak Terpenuhi Kuota Jumlah KPPS. 13 Januari 2017 sampai dengan 14 Januari 2017, Pengumuman dan Penetapan Anggota KPPS.

“Perekrutan KPPS dilakukan oleh PPS dan Penetapan Anggota KPPS dilakukan atas koordinasi PPS dengan PPK dan KPU dimana penetapannya dilakukan oleh Ketua PPS atas nama Ketua KPU Kab/Kota. Dan ada 3 folmulir yang wajib diisi oleh calon pendaftar badan adhoc KPPS, yakni Surat Pendaftaran Calon Anggota KPPS, Surat Pernyataan Calon Anggota KPPS, Biografi/Daftar Riwayat Hidup Calon Anggota KPPS,” katanya. (Humas KPU Kota Tangerang)

Share on Google Plus

About Akang Sanusi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Tolong pak di kontrol pembagian surat suara di ds.kampung besar kec teluk naga tangerng banten. Soala nya pembagian surat suara tidak merata / tidak sesuai dengan data sebelum nya

    BalasHapus