Header Ads

Banner_KPU

KPU Kota Tangerang Tetapkan Sebanyak 1.127.025 DPS

TANGERANG—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menetapkan sebanyak 1.127.025 Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 di tingkat Kota Tangerang. Demikian DPS ini ditetapkan dalam rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPS di Ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (1/11).

Dalam rapat pleno yang dihadiri Ketua dan Anggota Panwaslu Kota Tangerang, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Tangerang, Panwascam se-Kota Tangerang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, unsur kepolisian, unsur TNI dan pimpinan lembaga pemasyarakatan (Lapas) se-Kota Tangerang tersebut, KPU Kota Tangerang memastikan bahwa DPS yang sudah ditetapkan ini sudah melalui saringan ketat dari PPDP, PPS, PPK hingga KPU dan sudah sesuai dengan Sistem Data Pemilih (Sidalih).

“Sejak 2013 lalu, data pemilih sudah direkap secara online melalui Sidalih. Sehingga, DPS yang kami tetapkan ini sudah sesuai Sidalih dan sudah melalui saringan yang ketat dari berbagai tingkatan hingga tingkat KPU Kota Tangerang,” kata Ahmad Syailendra, Kepala Divisi Program dan Data, Komisoner KPU Kota Tangerang.

Kata Syailendra, DPS ini merupakan data yang dinamis. Dimana, dari data awal yang diterima melalui DP4, KPU menerima sebanyak  1.379.198 pemilih, dan terus bergerak saat dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) PPDP menjadi 1.133.992, sesuai dengan hasil Pleno PPK dan dilakukan penyaringan lagi di tingkat KPU hingga didapati data sebanyak 1.127.025 pemilih. “Pengurangan data pemilih ini akibat adanya penyaringan data ganda, data tidak memenuhi syarat dan juga data yang belum akurat secara administrasi sehingga tidak bisa masuk Sidalih,” katanya.

Masih kata Syailendra, dalam proses pemutakhiran data ini, kemungkinan masih ada pergerakan data, dimana KPU masih melakukan perbaikan DPS pada tanggal 20-24 November 2016 mendatang. “Kami harap pergerakan data ini semakin akurat. Dan kami juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat, tim pemenangan dan juga partai politik mau melakukan penelitian atas data ini. Sehingga saat perbaikan DPS datanya semakin akurat,” imbuhnya.

Bersamaan dengan pendataan ini, KPU juga menambah 1 buah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang semula sejumlah 2.467 menjadi 2.468 TPS. Penambahan TPS ini akibat adanya pemilih yang harus difasilitasi di Lapas. “Total ada 4 TPS yang akan kami letakkan di Lapas. Masing-masing, 2 TPS di Lapas Pemuda, 1 TPS di Lapas Wanita, dan 1 TPS di Lapas Dewasa. Sedangkan untuk Lapas Anak memilih di TPS terdekat,” tandasnya. (Humas KPU Kota Tangerang)

Tidak ada komentar