Header Ads

Banner_KPU

Sosialisasi Pilkada Banten, KPU Kota Tangerang Gandeng Berbagai Elemen

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan menggandeng berbagai elemen masyarakat dalam proses sosialisasi Pemilihan Gunernur dan Wakil Guberur Banten 2017. Hal itu dilakukan guna memenuhi amanat PKPU 5/2015 tentang sosialisasi. Demikian diungkapkan Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi, Selasa (4/10).

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Menunjukkan Pamplet Sosialisasi Pilkada Banten
Menurut Sanusi, Sesuai dengan PKPU 5 Tahun 2015 tentang Sosialisasi Pilkada, KPU harus menggandeng sedikitnya 11 unsur. Antara lain, masyarakat umum,  Pemilih pemula meliputi remaja, pemuda, pelajar dan mahasiswa,  tokoh masyarakat dan/atau pemuka adat,  kelompok media massa,  partai politik, pengawas, Pemantau, Pemilihan Dalam Negeri dan Pemantau Pemilihan Asing, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, kelompok adat, instansi pemerintah dan/atau, Pemilih dengan kebutuhan khusus.

“Mulai Rabu (5/10), berbagai unsur yang jadi target sosialisasi akan kami kumpulkan dalam rapat koordinasi untuk membahas teknis sosialisasi Pilkada Banten 2017. Mereka kami undang agar sasaran sosialisasi tepat dan juga bisa dimaksimalkan sesuai dengan amanat PKPU,” kata Sanusi.

Pada pertemuan rapat koordinasi nanti, akan dihadirkan seperti PD Pasar (pedagang pasar dan mall), organisasi pemuda, organisasi mahasiswa, kampus-kampus, Majelis Ulama Indonesia, Kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) komunitas marjinal, komunitas disabilitas, komunitas seni dan hobi, organisasi wartawan, dan paguyuban kang nong. “Mereka akan kami ajak bicara bagaimana informasi Pilkada Banten ini sampai ke masyarakat luas,” jelasnya.

Disampaikan Sanusi, sepanjang September 2016 lalu, KPU Kota Tangerang sudah melaksanakan sosialisasi ke siswa/siswi sekolah dalam KPU Goes to School, dan sepanjang Oktober akan dilaksanakan sosialisasi ke kampus-kampus dalam KPU Goes to Campus, dan selanjutnya di November dan Desember akan dilaksanakan sosialisasi kepada 11 elemen masyarkat. “Termasuk dengan pemeritah juga akan kami lakukan sosialisasi,” ujar Sanusi.

Tidak sampai disitu, ke depan unsur pelaksana Pilkada Banten 2017 di tingkat PPK dan PPS juga akan melaksanakan sosialisasi kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama di wilayahnya. Jadi, tandasnya, 13 PPK dan 104 PPS akan menyebarkan informasi Pilkada Banten ini juga kepada masyarakat. “Pelaksanaan sosialisasi di PPK dan PPS akan dilaksanakan pada November dan Desember. Kami ingin mencapai target pemilih lebih dari 75 persen dalam Pilkada Banten kali ini,” singkatnya. (Humas KPU Kota Tangerang)

Tidak ada komentar