Parpol se-Kota Tangerang Diajak Awasi Pemutakhiran Data Pemilih

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang bersama Piminan Partai Politik (Parpol) se-Kota Tangerang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tahapan pemutakhiran data pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2017, di Lantai II Gedung KPU Kota Tangerang, Jalan Nyimas Melati 16, Jumat (7/10).

KPU dan Panwaslu Kota Tangerang berpose bersama dengan Pimpinan Parpol usai Rakor.
Dalam rakor ini, berbagai informasi tentang tahapanan tentang pemutakhiran data pemilih disampaikan secara terbuka oleh KPU Kota Tangerang kepada Pimpinan Parpol yang hadir, antara lain PDIP, Gerindra, PPP, Nadem, PKB, PKS, PAN, dan Hanura.

“Kami undang seluruh Pimpinan Parpol se-Kota Tangerang untuk menginformasikan tahapan pemutakhiran data pemilih yang sedang berjalan dan tahapan kampanye yang sedang jalan dalam waktu dekat mendatang,” kata Ahmad Syailendra, Kepala Divisi Program dan Data Komisoner KPU Kota Tangerang.

Menurut Syailendra, Parpol di Kota Tangerang dapat memberikan saran dan masukan ke KPU terkait pemutakhirkan data pemilih (proses pemutahiran, proses penetapan daftar pemilih sementara, dan penetapan daftar pemilih tetap) pada Pilkada Banten 2017 mendatang. “Partai politik perlu memberikan saran dan masukan ke kami untuk menentukan daftar pemilih di Kota Tangerang,” ucapnya.

Ahmad Syalendra mengatakan, masyarakat yang dapat menjadi daftar pemilih mengikuti syarat PKPU no 8 tahun 2016. “Harus sudah berumur 17 tahun dan punya Kartun Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Lalu, warga yang sudah menikah walaupun di bawah umur bisa menjadi pemilih. Bagi mereka yang belum ber-KTP El, harus terdata belum ber-KTP El, agar nanti bisa tercatat dan diberikan surat keterangan dari dinas kependudukan agar bisa memilih,” terangnya.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi menambahkan, Parpol dapat mengajak konstituennya untuk menyuarakan haknya di Pilkada Banten 2017. Lalu, dapat membantu KPU Kota Tangerang mensosialisasikan kepada konstituennya untuk bisa mengawasi dan ikut serta memastikan diri mereka masuk dalam data dan daftar pemilih di Kota Tangerang.

“Ini adalah pilihan baik dalam melakukan pemutakhiran data pemilih di Kota Tangerang. Dengan menginformasikan tahapan Pilkada Banten 2017 kepada Parpol kami harap proses pemutakhiran data semakin baik dan sempurna,” harap Sanusi.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tangerang Agus Muslim mengatakan, Parpol dapat membantu KPU dalam pemutakhiran data dan daftar pemilih terhadap konstituennya.

“Bagi konstituen Parpol dan masyarakat umum yang belum ber-KTP Elektronik agar bisa menyampaikan kepada KPU. Jangan sampai terlewat dan tidak masuk daftar pemilih dan dapat surat keterangan dari dinas kependudukan. Nanti KPU yang bantu membuatkan surat keterangan jika sudah terdata belum memiliki KTP-El,” imbaunya. (Humas KPU Kota Tangerang)

Share on Google Plus

About Akang Sanusi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar