Sukseskan Pilkada Banten 2017, KPU, Polri, TNI dan Pemerintah Sepakat Netral

TANGERANG – Memasuki tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017, seluruh unsur yang tergabung dalam TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan juga KPU Kota Tangerang menyatakan siap netral. Sebab jika salah satu dari unsur ini tidak netral, proses Pilkada Banten 2017 disinyalir akan penuh gugatan dan ketidakadilan.

Demikian hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) antara unsur Komunitas Intelejen Daerah (Kominda), Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Jumat (5/8).

Rapat yang dihadiri langsung Kepala Kesbangpol Temmy Mulyadi, Kasat Intel Polres Metro Tangerang Kota AKBP Danu Wiyata, Pasi Intel Kodim 05/06 Tangerang Kapten CPM Djalaluddin Putra dan Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi tersebut, juga membahas sejumlah hal yang berkenaan langsung pada penyelenggaraan Pilkada Banten 2017 yang netral, profesional, proporsional dan berintegritas.

“Ada 5 pilar dalam penyelenggaraan Pilkada. Yakni, peraturan, penyelenggara (KPU dan Panwaslu, red), Peserta (partai politik dan calon, red), penduduk/pemilih dan terakhir logistik. Kelima pilar ini, harus berjalan netral dan baik agar tidak ada kendala dalam proses apapun yang terkait dengan Pilkada Banten 2017,” jelas AKBP Danu Wiyata, Kasat Intel Polres Metro Tangerang Kota.

Menurut Danu, KPU sebagai penyelenggara harus netral, TNI dan Polri sebagai pihak yang mengamankan Pilkada Banten juga harus netral. Apalagi pemerintah dalam hal ini PNS (Pegawai Negeri Sipil), semua juga harus netral. 

“Kalau diantara kita ini ada yang coba-coba tidak netral maka akan mencederai proses demokrasi, juga akan mencederai komunikasi baik yang sudah terjalin antara KPU, TNI, Polri dan pemerintah untuk menyukseskan Pilkada Banten 2017 di Kota Tangerang. Untuk Pilkada Banten ini, kami pastikan Polisi netral,” tegasnya.

Pasi Intel Kodim 05/06 Tangerang Kapten CPM Djalaluddin Putra menambahkan, pihaknya bersama dengan Polri akan memastikan diri untuk netral dalam menjalankan tugas pengamanan dan juga tugas lainnya yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan Pilgub Banten. “Harus sama-sama mawas diri dan menjaga diri agar secara pribadi maupun instansi untuk terus menjaga netralitas selama Pilkada Banten ini. Kita sepakat, ingin Pilkada ini sukses,” imbuhnya.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi menegaskan, pihaknya bersama dengan penyelenggara di KPU, PPS, PPS dan sampai KPPS akan menekankan asas dari penyelenggara itu sendiri. Yakni, netral dan independen. “KPU siap on the track. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengawasi penyelenggara kami di bawah agar terus berlaku adil, profesional, netral, berintegritas dan tentunya independen,” tegas Sanusi.

Senda dikatakan Kepala Kebangpol Kota Tangerang Temmy Mulyadi, pemerintah akan membantu KPU untuk menyukseskan Pilkda Banten ini. “Sesuai dengan arahan Walikota, pemerintah dan jajaran PNS di Kota Tangerang harus berlaku netral dalam penyelenggaraan Pilkada Banten ini. Makanya, kami fasilitasi pihak-pihak dalam Rakor ini guna menyamakan persepsi soal netralitas penyelenggaraan Pilkada Banten 2017,” katanya. (**) 

Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment