Header Ads

Banner_KPU

KPU RI Ingatkan Pentingnya Kesiapan Pemilihan


SERANG- Komisioner KPU RI Arif Budiman berharap Pilgub Banten 2017 bisa berlangsung tertib, aman, dan damai sehingga dapat terwujudnya proses demokrasi yang berkualitas serta menghasilkan pemimpin yang dikehendaki rakyat.

Untuk itu Arif mengingatkan pentingnya kesiapan yang matang dalam pelaksanaan Pilgub. KPU RI menilai bahwa KPU Banten sudah siap menyelenggarakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten.

"Kalau diukur tentang kesiapan, KPU Banten saya nyatakan siap. Karena kesiapan Pemilihan itu ukurannya tiga, yaitu anggaran, personel, dan logistik. Ini perlu menjadi perhatian," papar Arif saat memberikan sambutan dalam Launching Pilgub Banten yang digelar di Alun-alun Kota Serang, Rabu (3/8).

Dalam kesempatan itu, Arif juga menjelaskan ketentuan perundang-undangan yang baru terkait kampanye. Bahwa calon sebagai peserta Pemilihan dapat memasang alat peraga kampanye jika KPU tidak mampu mengadakan alat peraga.

Jika KPU tidak dapat menanggung seluruh baliho atau spanduk, maka pasangan calon bisa membiayainya. “Kalau yang disiapkan (alat peraga, red) itu ada 200 titik sementara KPU hanya mampu 100 titik, sisanya boleh dibiayai oleh calon. Tapi calon tidak boleh semaunya, KPU tetap harus memberi kesetaraan,”
kata Arif.

Sementara itu, Gubernur Banten Rano Karno mengungkapkan, partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten naik-turun. Pada Pemilihan tahun 2006 partisipasi pemilih sebesar 60,83 persen dan meningkat pada Pemilihan berikutnya tahun 2011 sebesar 62,38 persen.

Tetapi pada pelaksanaan Pemilihan serentak tahun 2015 yang digelar di 4 kabupaten dan kota tingkat partisipasinya menurun hanya 56,67 persen dari target 70 persen. "Terkait hal ini, kita semua perlu memikirkan langkah dan strategi yang tepat untuk menekan apatisme politik yang menggejala di sebagian masyarakat," ujar Rano. (*)