KPU Kota Tangerang Perkuat Keahlian SDM Penyelenggara Pilgub Banten 2017

TANGERANG - Guna penguatan kemampuan penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar dua agenda bimbingan teknis (bimtek) pekan ini.

Dua agenda bimtek tersebut diselenggarakan pada Sabtu-Senin (19-21/8). "Sabtu hingga Senin nanti kami akan menggelar dua bimtek untuk tingkat PPS (panitia pemungutan suara)," ujar Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang.

Dua bimtek tersebut, lanjut Sanusi, bimtek verifikasi faktual bakal pasangan calon perseorangan dan bimtek pemutakhiran data pemilih. "PPS adalah ujung tombak dalam dua kegiatan tahapan ini. Verifikasi faktual dan pemutakhiran data pemilih. Makanya, kemampuan dan pengetahuannya harus dikuatkan dan diasah terus dengan cara dibimtek," ucapnya.

Sebagaimana dikatahui, dalam tahapan verifikasi faktual, PPS merupakan penyelenggara yang berwenang melaksanakannya. Sedang PPK dan KPU melakukan supervisi melekat atas proses yang dilaksanakan PPS.

Adapun terkait dengan pelaksanaan pemutakhiran data, PPS merupakan pihak yang berwenang juga merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). "Dengan kewenangan yang besar ini, kami tak mau ada penyelenggara di PPS yang gagal paham atas tugas dan tanggungjawabnya," tandas Sanusi.

Sekedar informasi, bimtek verifikasi faktual ini dilaksanakan pada Sabtu-Senin di masing-masing daerah pemilihan, yakni di 5 daerah pemilihan. 

Sedang untuk bimtek pemutakhiran data pemilih akan dilaksanakan pada Senin (21/8) untuk PPK (Pantia Pemilihan Kecamatan). "Setelah PPK kami bimtek, selanjutnya kewajiban mereka membimtek seluruh PPS di wilayahnya" katanya. (**)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment