Mantapkan Proses Pemutakhiran Data KPU Gandeng Disdukcapil

TANGERANG - Guna memantapkan proses pemutahiran data pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disukcapil) Kota Tangerang, Kamis (28/7).

“Kami sengaja mengundang pihak Disdukcapil Kota Tangerang guna merealisasikan pendataan pemilih berkelanjutan yang diintruksikan KPU RI dalam upata pematangan dan penyempurnaan data pemilih dalam Pigub Banten 2017 mendatang,” kata Ahmad Syailendra, Kepala Divisi Program dan Data KPU Kota Tangerang.

Menurut Syailendra, data kependudukan yang dimiliki oleh Disdukcapil akan membantu KPU dalam proses pemutahiran data yang akan dilaksanakan mulai September mendatang. Sebab, DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) juga bersumber dari data kependudukan yang dimiliki oleh Kemendagri,” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Syailendra, dengan sinkronisasi data mulik Disdukcapil dan data DP4, diharapkan data-data pemilih ganda bisa dihapuskan. “Yang bisa menelusuri data ganda secara identitas kependudukan (KTP), itu Disdukcapil. Makanya kami akan libatkan mereka dalam kelompok kerja pemutahiran data pemilih kelak untuk membantu kami menyempurnakan data pemilih,” jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Kota Tangerang, Mohammad Muflih Sutisna mengutarakan, pihaknya bersedia membantu KPU Kota Tangerang  dalam menyempurnakan data pemilih pada Pilgub Banten 2017. Terlebih ada kebijakan bahwa pemerintah diminta untuk membentu penyelenggaraan Pilkada Serentak 2017 berdasarkan undang-undang. 

“Kami siap membantu dan bahkan siap menyerahkan tenaga teknis kependudukan kami untuk diperbantukan di KPU Kota Tangerang. Karena ada kewajiban pemerintah untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan salah satunya melalui penyempurnaan data pemilih hak pilih di Kota Tangerang,” tuturnya.

Dalam kesempata itu, Muflih juga menjelaskan, saat ini data penduduk Kota Tangerang relatif telah memiliki KTP Elektornik. Sehingga, dalam proses pemutahiran data, Disdukcapil berharap tidak lagi ada pemilih yang memiliki KTP atau antrian KTP yang tidak terdaftar sebagai pemilih. “Mudah-mudahan dengan data yang lebih akurat, tingkat partisipasinya juga naik,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Jaringan dan Komunikasi Data tersebut. (Humas KPU Kota Tangerang)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment