Header Ads

Banner_KPU

KPU dan PPK Mantapkan Tahapan Kegiatan Pilgub Banten 2017

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang bersama dengan jajaran ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Tangerang melakukan rapat koordinasi pemantapan kegiatan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017, Kamis (28/7).

Pemantapan kegiatan tahapan itu meliputi antara lain, Launching Pilgub Banten 2017 yang diagendakan pada 3 Agustus 2016, BimbinganTeknis (Bimtek) Pencalonan tingkat KPU dan PPK yang akan dilaksanakan kurun 5-19 Agustus 2016, perekrutan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dan juga teknis pemutakhiran data pemilih.

“Sedikitnya ada lima kegiatan besar yang akan dilaksanakan oleh KPU beserta jajarannya di Kota Tangerang pada bulan Agustus 2016 ini. Launching Pilgub Banten, Bimtek Pencalonan, Rekrutmen PPDP, Pemutakhiran Data dan juga Rekrutmen Relawan Demokrasi,” kata Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang.

Terkait dengan Launching Pilgub Banten 2017, papar Sanusi, akan dilaksanakan pada 3 Agustus 2016 dengan melibatkan seluruh komisioner KPU dan juga anggota PPK se Banten. “Semua anggota PPK akan kami libatkan dalam kegiatan ini. Tanpa terkecuali,” kata pria yang akrab disapa Pane ini.

Selain itu,kata Sanusi, hal krusial lain yang akan dilaksanakan di tingkat PPK dan PPS adalah tentang penguatan pengetahuan tentang pencalonan. Khususnya pencalonan dari calon perseorangan. “Banyak aturan baru dalam proses verifikasi calon persorangan kali ini. Diantaranya soal verifikasi faktual yang harus dilakukan secara sensus. Makanya, kami akan segera Bimtek pada PPK dan PPS di bulan Agustus ini,” bebernya.

Kaitan dengan rekrutmen PPDP, tidak lepas dari akan masukknya proses pemutahiran data pemilih untuk Pilgub Banten 2017. Makanya, selain akan dilaksanakan Bimtek tentang data pemilih juga akan dibuka rekrutmen PPDP oleh PPS dalam kurun Agustus atau September mendatang. “Semua langkah ini semata-mata untuk pengutan tahapan Pilgub Banten dan agar semua tahapan berjalan mulus sesuai dengan PKPU 03 Tahun 2016 yang diterbitkan KPU RI,” pungkasnya. (humas KPU Kota Tangerang)