KPU Kota Tangerang Akan Libatkan PPK Netral dan Kompeten di Pilkada Banten

Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang menjelang Pilkada Banten 2017 mendatang pada Rabu (8/6) kepada wartawan menyatakan akan mempersiapkan pola rekrutmen yang selektif kepada penyelenggara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Seperti diatur dalam Peraturan KPU calon anggota adhock PPK tingkat kecamatan dan PPS di level kelurahan yang sudah pernah menjabat dua periode tidak boleh mendaftar lagi,” kata Sanusi Pane, Ketua KPU Kota Tangerang kepada Pena Merdeka.

Terkait pendaftaran calon PPK dan PPS akan dimulai pada tanggal 20/6/2016 sampai 22/7/2016. Semua anggota PPK dan PPS pada tanggal itu dipastikan sudah terekrut.

“Harapan saya pada Pilkada 2017 nanti secara penyelengaraan akan lebih baik. Pasalnya dari segi persiapan salahsatu yang kerap menjadi masalah yakni pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT), tapi kita sudah lakukan evaluasi dari beberapa perhelatan sebelumnya.”

Maka dari itu pola rekrutmen PPK dan PPS yang dilaksanakan oleh KPU akan dilakukan secara ketat. Supaya even lima tahunan tersebut diisi oleh SDM yang kompeten, kata Sanusi.

Ia juga mengatakan bahwa proses perekrutan memiliki sejumlah kriteria diantaranya kemampuan administrasi, pengetahuan pemilu, attitude, serta faktor integritas calon.

Sanusi lebih jauh mengungkapkan, anggaran yang akan diterima pihaknya kata pria yang kerap dipanggil Pane ini senilai Rp. 29 Miliar. Tapi dana yang baru diterima pada periode pertama ini sebesar Rp. 10. 927. 833. 000, selanjutnya penggelontoran dananya menyusul.

Soal biaya yang akan dikeluarkan dalam penyelenggaraan Pilkada diantaranya untuk kegiatan sosialisasi, rekrutmen penyelenggara, menginventarisir data pemilih, melakukan pencocokan data kepada calon perseorangan, pehitungan pemungutan suara dan lainnya, tandas Sanusi.

Sosialisasi ini kata Sanusi sejatinya atas amanat Undang-Undang Nomer 8 tahun 2015 tentang penyelenggaraan Pilkada.

Jika kedepan demi meningkatkan jumlah partisipasi pemilih dan memenuhi kebutuhan terkait suksesnya penyelenggaraan Pilkada Banten 2017, KPU Kota Tangerang akan melakukan inovasi meskipun tidak lepas akan tetap koordinasi dan intruksi dari KPU Banten, pungkasnya menjelaskan.

Dalam catatan yang dikeluarkan oleh KPU Kota Tangerang, jumlah PPK yang akan direkrut sebanyak 65 orang. Jumlah anggota PPS 312 orang serta jumlah anggota KPPS 17269 orang.

Total jumlah penduduk di Kota Tangerang sekitar 1.808.054 jiwa, jumlah calon pemilih 1. 356. 751 orang, target pemilih dalam per TPS 650 orang. Sementara jumlah TPS yang tersebar di 13 kecamatan dan 113 kelurahan di Kota Tangerang 2467.

Pada tanggal 15 sampai 17 Febuary 2017 akan dilakukan penyampaian perhitungan surat suara di tingkat PPK (Kecamatan). Kemudian pada tanggal 22 Febuary 2017 akan dilaksanakan rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan dan KPU Kota Tangerang.

Acara sosialisasi tahapan Pilkada Banten yang berlangsung di Jalan Nyi Mas Melati, Sukarasa, Kota Tangerang itu hadir sejumlah pejabat dan pegawai sekretariat KPU Kota Tangerang. (wahyudi)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment