Header Ads

Banner_KPU

Koordinasi Pengamanan Pilkada Banten 2017, KPU dan Panwaslu Datangi Kapolres

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang bersama dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat menggelar pertemuan dengan jajaran kepolisian Resort Metro Tangerang Kota,  Jumat pagi (24/6).

Dalam pertemuan tersebut, baik KPU maupun Panwaslu Kota Tangerang bersama dengan Polrestro Tangerang Kota menyapakati untuk menjaga kondusifitas dan kemanan Pilkada Banten 2017.

“Kami sepekat dalam 3 hal. Pertama, menjaga kondusifitas bersama. Kedua, menjaga keamanan bersama. Dan ketiga, saling suport sosialisasi Pilkada Banten di masyarakat,” jelas Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang.

Dalam pertemuan yang dihadir seluruh Komisioner KPU Kota Tangerang, jajaran Sekretariat KPU Kota Tangerang, Jajaran Panwaslu Kota Tangerang, Kepala Satuan Intel dan Kepala Satuan Kriminal Polres Metro Tangerang Kota, Sanusi mengatakan, pihaknya ingin mengulang kisah manis pengaman dan kondusifitas Pileg dan Pilpres 2014 lalu dengan pengamanan yang dilakukan kepolisian.

“Koordinasi ini kami lakukan sejak awal agar segala tahapan bisa berjalan lancar seperti tahun 2014 dimana polisi sangat memberikan kesan harmonis dengan KPU dalam mengawal pesta Pemilu 2014,” singkat Sanusi.

Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim menyampaikan, khusus dengan Panwaslu, pertemuan kali ini merupakan langkah awal dalam menalin kerjasama pengaman dan segketa hukum yang mungkin terjadi.

“Kami datang untuk menguatkan penanganan hukum yang mana di kepolisian ada Gakumdu (Penegak Hukum Terpadu). Dan bersama KPU juga kami sepakat bersama kepolisian akan berjalan sesuai aturan yang ada agar kondusifitas dan kemanan tetap terjaga,” imbuhnya.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombespol Irman Sugema mengatakan, sudah menjadi tugas kepolisian mengamankan wilayah. Namun khusus pelaksanaan Pilkada Banten, pihaknya memastikan akan menyiapkan pasukan lengkap dan siap bekerjasama dengan KPU maupun Panwaslu dalam pengamanan setiap tahapan Pilkada.

“Koordinasi keamanan harus terus dilakukan. Makanya, kami sudah tempatkan orang-orang kami di KPU dan Panwaslu untuk membantu koordinasi kemanan yang dibutuhkan dua lembaga ini. Harapan kami, informasi sekecil apapun yang dapat mengganggu jalannya tahapan koordinasikan dengan polisi,” imbau Irman. (**)