TPS Pilpres Berkurang 223 Titik Disediakan 8 TPS di Bandara


TANGERANG – Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Tangerang untu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014 mendatang berkurang hingga 223 TPS dari jumlah TPS saat Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu, sebanyak 3223 TPS.

“Kami akan tempatkan sebanyak 3000 TPS untuk Pilpres (Pemilihan Presiden) mendatang. Jumlah itu berkurang sebanyak 223 TPS dari jumlah TPS Pileg lalu,” kata Ahmad Syailendra, Kepala Divisi Program dan Data, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Rabu (11/6).

Dari 3000 TPS tersebut, kata Syailendra, 8 diantaranya akan ditempatkan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, dan 9 diantaranya akan ditempatkan di 4 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Kota Tangerang. “Untuk Pilpres ini kami pastikan aka nada TPS Bandara,” jelasnya.

Dikatakan Syailendra, berkurangnya jumlah TPS tersebut, terpengaruh dengan adanya re-grouping (penggabungan) antar satu TPS dengan TPS lainnya. Dimana, jika saat Pileg lalu setiap TPS berisikan maksimal 500 pemilih, untuk Pilpres ini, setiap TPS akan diisi maksimal 800 pemilih. “Karena ada re-grouping itulah maka jumlah TPS berkurang cukup signifikan,” paparnya.

Untuk Pilpres nanti, KPU Kota Tangerang juga sudah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.259.879 pemilih. Dimana, jumlah itu bertambah lebih dari 11 ribu pemilih dibandingkan dengan jumlah pemilih saat Pileg lalu. “DPT ini didapat dari jumlah DPT ditambah dengan DPK (Daftar Pemilh Khusus), Daftar Pemiilih Khusus Tambahan (DPKTb) dan juga Daftar Pmilih Tambahan (DPTb),” ucapnya.

Diingatkan oleh Syailendra, jumlah DPT ini masih mungkin akan bertambah dengan kemungkinan masih adanya pemilih yang belum terdata saat penyaringan lalu. “Kami masih membuka peluang bagi penduduk yang belum terdaftar sebagai pemilih untuk mendaftarkan diri ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) hingga H-14 hari pemilihan nanti. Jadi, kami harap warga bisa mencermati nama mereka ke PPS untuk memastikan apakah mereka sudah terdaftar atau belum,” imbaunya.

Masih menurut Syailendra, seluruh data pemilih maupun TPS ini seluruhnya sudah ditetapkan dan sudah dikirimkan ke KPU Provinsi Banten. “Hari ini, kami tengah ke KPU Provinsi untuk menyerahkan data pemiliih dan TPS tersebut untuk kemudian di plenokan di tingkat Provinsi Banten,” tandasnya. (**)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment