Header Ads

Banner_KPU

Pendaftar Gerak Jalan Sehat Membeludak KPU Hanya Siapkan 1.500 Kuota

TANGERANG – Animo masyarakat Kota Tangerang terhadap kegiatan Pemilu 2014 di Kota Tangerang kian memuncak. Hal ini Nampak saat hari terakhir pendaftaran gerak jalan sehat Pemilu di kantor KPU Kota Tangerang, Jumat (7/3).

“Animo masyarakat untuk mengikuti gerak jalan sehat Pemilu sangat tinggi sekali. Hampir 3.000 pendaftar coba mengikuti gerak jalan sehat yang hanya disediakan sebanyak 1.500 peserta,” kata Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang.

Melihat tingginya animo itu, dengan berat hati KPU Kota Tangerang menutup pendaftaran gerak jalan sehat tersebut. “Karena kuota 1.500 sudah terpenuhi, maka pendaftaran ditutup sejak sebelum Shalat Jumat. Kami mohon maaf kepada masyarakat yang tidak terdaftar dan tidak bisa mengikuti gerak jalan sehat Pemilu ini,” ucapnya.

Menurut Sanusi, pembatasan kuota ini, sudah sesuai dengan prosedur dan petunjuk teknis (Juknis) yang sudah diatur secara nasional. Selain itu, pembatasan ini juga disebabkan faktor ketersediaan anggaran di KPU Kota Tangerang.

“Kami sudah upayakan agar sebanyak-banyaknya masyarakat Kota Tangerang bisa mengikuti gerak jalan sehat Pemilu 2014. Namun, kami juga harus membatasinya karena ketersediaan anggaran dan juga demi keamanan jalannya kegiatan ini. Apa lagi, semua beban biaya untuk gerak jalan ini ditanggung KPU, alias gratis,” jelasnya.

Ditambahkan Sanusi, gerak jalan sehat ini akan dilaksanakan pada Minggu (9/3) mendatang. Gerak jalan akan dimulai dan akan berakhir di Lapangan Ahmad Yani. “Kami juga sudah koordinasikan sisi keamanan, sisi lalu lintas dan sisi kebersihan gerak jalan sehat Pemilu ini dengan pihak-pihak terkait,” katanya.

Membeludaknya animo masyarakat atas kegiatan Pemilu 2014 di Kota Tangerang ini, tandas Sanusi, diharapkan jadi barometer awal, suksesnya Pemilu dengan partisipasi masyarakat yang tinggi saat pencoblosan 9 April 2014. “Mudah-mudahan animo ini terus berlanjut sampai Pemilu selesai dilaksanakan,” singkatnya. (**)