Header Ads

Banner_KPU

Kesiapan Pileg 2014 di Kota Tangerang Sudah 90 Persen, 22.533 Anggota KPPS Siap Bekerja Sesuai Aturan

TANGERANG – 16 hari menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang menyatakan kesiapannya menggelar pesta demokrasi 5 tahunan tersebut. Untuk itu, 22.533 tenaga penyelenggara di tingkat KPPS pun dibentuk dan siap bekerja sesuai aturan.

“Persiapan sisi SDM (Sumber Daya Manusia) sudah siap 100 persen. PPK, PPS, dan KPPS sudah terbentuk dan semua siap bekerja sesuai aturan. Sementara persiapan logistik sudah mencapai 90 persen, dan akan mencapai 100 persen pada H-1 pencoblosan,” jelas Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang, Senin (23/3).

Menurut Sanusi, dari sisi data pemilih, saat ini di Kota Tangerang sudah tidak ada lagi Nomor Induk Kependudukan (NIK) Invalid. “Saat kami dilantik 24 Desember 2013, masih ada 21 ribuan lebih NIK Invalid, kini sudah tidak ada karena kerja keras PPK dan PPS juga,” jelasnya.

Masih kata Sanusi, data pemilih tetap (DPT) di Kota Tangerang sesuai hasil pleno 19 Maret 2014, masih tetap diangka 1.235.144. Dimana, 3.777 pemilih diantaranya merupakan daftar pemilih yang ada di 4 lembaga pemasyarakatan (Lapas). “Saat ini KPU masih menginventarisir DPK (Daftar Pemilih Khusus) dan daftar pemilih tambahan sampai H-14 menjelang Pileg nanti,” tandasnya.

Dari sisi logistik, saat ini KPU Kota Tangerang sudah rutin mendistribusikan logistik Pileg ke PPK, PPS dan akan diteruskan ke KPPS hingga H-1 jelang pencoblosan 9 April mendatang. Dari data yang ada, KPU sudah mendistribusikan sebanyak 12.993 kotak suara, 9.657 bilik suara, dan akan menyebarkan sebanyak 5.044.387 surat suara.

“Dalam waktu dekat ini, surat suara akan segera didistribusikan, hanya saja, langkah itu kami tunda lantaran masih ada kekurangan sebanyak 651 surat suara akibat rusak saat pelipatan. Kami juga mengajukan sebanyak 7.307 surat suara tambahan untuk mengakomodir DPK (daftar pemilih khusus) yang masih disortir sampai H-14 sebelum pencooblosan,” tandasnya.

Dari sisi sosialisasi, KPU Kota Tangerang sudah menggelar berbagai sosialisasi. Seperti sosialisasi ke Sekolah melalui KPU Goes To School, sosialisasi ke kalangan pelaku agama, sosialisasi melalui radio, melalui media massa, sosialisasi melalui PPK, PPS dan KPPS berupa penyebaran alat peraga sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami juga terus melakukan sosialisasi melalui aparatur kelurahan, kecamatan, dan SKPD se-Kota Tangerang, melalui relawan demokrasi, sosialisasi melalui website pemerintah kota Tangerang, jejaring sosial,menjadi pembina upacara di sekolah, menggelar jalan sehat 1500 peserta dan menggelar karnaval kendaraan politik,” bebernya.

Dengan berbagai kesiapan yang terus dimaksimalkan ini, kata Sanusi, KPU Kota Tangerang berharap, angka partisipasi pemilih semakin tingggi, peserta Pemilu semakin antusias, dan penyelenggaraan Pileg kali ini juga semakin sukses disbanding Pemilu sebelumnya. “Artinya, KPU Kota Tangerang ingin sukses Pemilu kali ini adalah sukses kita bersama,” pungkasnya. (***)