Header Ads

Banner_KPU

200 Warga Dilibatkan Lipat Surat Suara, Bilik dan Kotak Suara Mulai Didistribusi ke PPK

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2014. Dalam pelipatan tersebut, KPU Kota Tangerang sengaja melibatkan sebanyak 200 warga sekitar untuk membantu kerja KPU.

“Mulai hari Minggu (2/3) ini, kami sudah melakukan pelipatan surat suara di Gudang KPU di Pergudangan Bandara Mas Blok E.19, Kecamatan Neglasari. Dalam pelipatan ini kami libatkan sebanyak 200 orang warga untuk tahap awal, dan mungkin akan ditambah lagi pelipatnya seiring kebutuhan dan percepatan pelipatan,” kata Nurhalim, Kepala Divisi Logistik dan SDM, KPU Kota Tangerang.

Menurut Halim, sapaan akrab Nurhalim, pelipatan akan dilakukan selama 10-15 hari kedepan. Dalam pelipatan ini, KPU sekaligus akan melakukan penyortiran surat suara yang rusak, cacat, atau tidak bisa digunakaan saat pencoblosan 9 April mendatang. “Sampai saat ini kondisi surat suara belum ada masalah, mudah,” ucapnya.

Kata Halim, surat suara yang dilipat ini, berjumlah 5 juta lebih surat suara. Terdiri dari surat suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Tangerang. “Surat suara ini merupakan logistik  Pemilu yang paling penting dan butuh penjagaan yang ketat sampai dikirimkan nanti. Pengirimannya pun kami lakukan paling akhir dibanding logistik lainnya,” tandasnya.


Terkait dengan pendirstribusian logistik Pemilu 2014, terhitung mulai Sabtu (1/3), lalu, KPU Kota Tangerang juga sudah mulai melakukan pengiriman logistik ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Logistik yang sudah dikirimkan ke PPK merupakan kotak suara. Selanjutnya secara bertahap akan kami kirim, bilik, kelengkapan KPPS (Kelompok Panitia Pemilihan Suara), tinta, sampai terakhir surat suara,” singkatnya. (**)