Genjot Pemilih Pemula, KPU Gandeng Dindik dan Disporbudpar Siapkan Gebyar Jalan Sehat dan Karnaval

TANGERANG – Terhitung mulai petengahan Februari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mulai mengintensifkan sosialisasi melalui sarana tatap muka langsung kepada masyarakat. Selain pemilih secara umum, pemilih pemula menjadi target sosialisasi tatap muka langsung ini.

Untuk merealisasikan sosialisasi itu, KPU Kota Tangerang akan menggandeng Dinas Pendidikan (Dindik) dan Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) setempat. “Kami siapkan program sosialisasi khusus bagi pemula melalui Dindik dan Disporbudpar Kota Tangerang,” kata Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang, Rabu (19/2).

Langkah awal program sosialisasi yang dikhususkan bagi pemilih pemula tersebut, KPU mendatangi Dindik dan juga Disporbudpar untuk mengajak mereka bersama mensukseskan Pemilu, 9 April 2014 dan mengangkat tingkat partisipasi pemilih.

“Ya, kami datangi Dindik dan Disporbudpar. Kepala dinas dua instansi itu sepakat membantu KPU,” imbuhnya, yang saat mendatangi dua dinas tersebut ditemui langsung Kepala Dindik Ahmad Lutfi, dan Kepala Disporbudpar Irman Pudja Hendra.

Usulan KPU khusus kepada Dindik, meminta agar setiap apel upacara Senin pagi, seluruh kepala sekolah tingkat SMA dan sederajat agar menginformasikan soal tanggal pencoblosan, mengajak pemilih pemula datang ke TPS dan memilih calon anggota DPR, DPD dan DPRD, serta menginformasikan tentang tahapan Pemilu. “Rencananya kami juga akan ikut jadi pembina upacara untuk menyampaikan sosialisasi ini,” paparnya.

Sedangkan kepada Disporbudpar, KPU akan mengajak terlibat dalam dua agenda besar peluncuran Pemilu 2014, yakni kegiatan jalan sehat dan karnaval. “Kami minta dua bidang di Disporbudpar, yakni Bidang Pemuda dan Bidang Budaya untuk terlibat langsung mendukung dua kegiatan ini pada 9 dan 15 Maret nanti,” tandasnya.

Kepala Dindik Kota Tangerang Ahmad Lutfi menyambut baik rencana KPU. Mantan Asisten Daerah 1 Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang ini menyatakan akan menyanggupi permintaan KPU.

“Pendidikan politik melalui sekolah sudah jadi bagian demokrasi yang perlu dilakukan. Kami dukung penuh upaya dan permintaan KPU,” katanya seraya berharap KPU bisa koordinasi langsung dengan Walikota Tangerang agar prosesnya lebih mudah dan bisa melibatkan instansi pemerintahan lainnya.


Kepala Disporbudpar Irman Pudja Hendra yang ditemui terpisah menyampaikan, semua kegiatan sosialisasi yang dilakukan KPU akan didukung penuh. Bahkan, Irman mengajak KPU untuk hadir di kegiatan-kegiatan kepemudaan yang diselenggarakan Disporbudpar untuk bicara langsung tentang sosialisasi Pemilu. “Gagasan bagus ini akan kami dukung penuh,” tandas mantan Kasatpol PP Kota Tangerang ini. (**)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment