Header Ads

Banner_KPU

Surat Suara Telah Sampai di 13 PPK

MEDIA CENTRE-Secara marathon surat suara didistribusikan ke 13 Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di Kota Tangerang, hari ini. Kemudian para PPK itu melakukan penyortiran surat suara sesuai jumlah pemilih di wilayahnya.

Komisioner KPU Banten, Agus Supadmo mengatakan, pendistribusian surat suara diangkut dengan menggunakan 4 truk dan dikawal oleh empat tim.

Masing-masing tim,lanjut mantan komisioner KPU Banten itu, terdiri dari tiga orang yang berasal Sekretariat KPU Kota Tangerang dan kepolisian.

Tim pertama, terang Padmi, mendistribusikan surat suara ke PPK Tangerang, Karawaci dan Cibodas. Sedangkan Kecamatan Priuk, Jatiuwung, Neglasari dan Benda akan diangkut oleh tim kedua.

Sedangkan, tambah Padmo,tim ketiga akan mengantarkan ke PPK Batu Ceper, Cipondoh dan Pinang. Sementara, PPK Karang Tengah, Ciledug dan Larangan akan diantar oleh tim keempat.

"Untuk data pemilih Tetap (DPT) yang ada di kecamatan sebayak 1.161.855 ditambah dua setengah persen dari jumah DPT. Jadi total surat suara yang kami distribusikan sebanyak 1.190.901," kata Agus, Selasa (27/8).

Agus menegaskan, pendistribusian surat suara ke-13 PPK ditargetkan rampung dalam satu hari.

Ditambahkan, komisioner KPU Banten lainnya Syaiful Bahri mengatakan, surat suara yang sudah dilipat dari perusahan. Jadi KPU tidak perlu lagi mengkaryakan petugas lipat.

"Disela waktu yang mepet ini pelipatan kertas selain akan lebih sempurna karena mereka memiliki alat yang mumpuni untuk itu juga tidak memakan waktu yang lama bila dibandingkan dikerjakan oleh petugas pelipat," terangnya.

Untuk itu, kata Syaiful, pihaknya tidak khawatir bila kertas suara itu banyak terjadi kerusakan atau cacat, namun untuk semakin meminimalisir hal itu PPK tetap melakukan penyortiran terhadap surat suara.

"Kalau ada masalah atau kerusakan mengenai surat suara, maka kami tetap ada penggantinya karena memang telah disediakan 2,5  surat suara cadangan dengan syarat dicantumkan dalam form untuk berita acara," urainya. (mc)