KPU Belum Dapat Kepastian Libur Pencoblosan

MEDIA CENTRE-KPU Banten masih kebingungan terkait penentuan tanggal 31 Agustus 2013, menjadi hari libur bersama di Kota Tangeang. Pasalnya, saat itu adalah hari H atau hari pencoblosan Pilakada Kota Tangerang.

Kendati telah berusaha melayangkan surat ke Pemkot Tangerang beberapa waktu lalu, namun hingga saat ini belum mendapatkan jawaban pasti dari Walikota Tangerang.

"Kami telah melayangkan surat ke Walikota Tangerang meminta bila Sabtu 31 Agustus 2013 itu diliburkan. Karena hari itu adalah hari pencoblosan," ungkap Syaiful Bahri, Ketua Pokja Kampanye dan Sosialisasi KPU Banten, Rabu (28/8), petang.

Dasar KPU meminta hal diatas, sambung Syaiful,  sesuai UU No. 32 tahun 2004 pasal 86 angka 3 yang mengatakan, pemungutan suara Pilkada dilaksanakan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

"Meliburkan bukan kewenangan KPU. Akan tetapi kewenangan dalam hal ini pemerintah daerah," tukasnya.

Seharusnya, kata Syaiful, pemerintah daerah mendukung dengan adanya pesta demokrasi lima tahunan dengan baik. Seperti halnya mengeluarkan surat edaran kepada perusahaan, institiusi pendidikan seperti sekolah untuk meliburkan kegiatannya dalam menyukseskan Pilkada.

Ditambahkan, Sekretaris KPU Kota Tangerang Ahmad Syafei, pihaknya telah melayangkan permohonan libur pencoblosan beberapa waktu lalu. Namun, surat itu tidak mendapatkan jawaban melainkan dikembalikan tanpa terlebih dahulu di SK-kan dan ditandatangani.

"Dikebalikannyapun secara lisan pada Rabu (28/8) pagi ke kesekretariatan," tegas Ahmad Syafe'i. (mc)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment