Header Ads

Banner_KPU

Besok, 5 Paslon Akan Saling Debat

MEDIA CENTER-KPU Banten akan menggelar acara debat kandidat untuk 5 pasangan calon (paslon) Walikota-Wakil Walikota Tangerang 2013-2018, Selasa (27/8) petang. Acara itu akan dilakukan di dalam studio salah satu stasiun televisi swasta nasional pada pukul 15.00-17.00 WIB.

"Kita mendapatkan laporan dari kesekretariatan KPU Kota Tangerang bahwa besok (Selasa, red) akan digelar debat kandidat 5 Paslon kontestan Pilkada Kota Tangerang," ungkap Syaiful Bahri, Ketua Pokja KPU Kota Tangerang, Senin (26/8) petang.

Dia menegaskan, seluruh rangkaian acara serta pembiayaannya seluruhnya di take over oleh pihak kesekretariatan. KPU Banten hanya menerima laporan dan kartu tanda masuk acara oleh pihak kesekretariatan.

Dikonfirmasikan kepada Kasubag Umum Sekretariatan KPU Kota Tangerang Deded mengatakan, anggaran debat kandidat itu mencapai Rp.750 juta.

"Kita juga telah menggandeng pihak ketiga sebagai EO (even organizer, red) yang mengatur seluruh rangkaian acara berdurasi dua jam itu," kata Deded.

Ditambah lagi, lanjutnya, pihaknya serta EO dan stasiun televisi swasta yang digunakan untuk debat kandidat ini telah merapatkan dengan seluruh tim kampanye dari lima paslon kontestan Pilkada Kota Tangerang.

"Ya dari hasil pertemuan terakhir yang kita lakukan, semua calon sudah menyatakan hadir dalam acara debat kandidat nanti," tuturnya.

Dia membeberkan, berdasarkan hasil kesepakatan dengan para tim kampanye calon, pelaksanaan debat nanti sedikit berbeda dengan yang pernah ditayangkan di televisi selama ini. Lantaran, dalam debat kandidat nanti tidak ditetapkan siapa panelisnya.

"Tetapi pertanyaan dilempar kepada hadirin dan pemirsa yang bertanya melalui sosial media secara Online. Apa yang menjadi pertanyaan pun sudah diatur oleh EO dan pihak televisi," akunya.

Sedangkan untuk masing-masing paslon, kata Deded, hanya diperbolehkan membawa masa pendukung sebanyak 20 orang.

"Bagi masyarakat Kota Tangerang yang ingin menyaksikan dapat menonton langsung di televisi besok. Sehingga, masyarakat tidak perlu datang langsung ke lokasi acara," imbaunya.

Diketahui, lima paslon kontestan Pilkada Kota Tangerang itu adalah nomor urut satu, Harry Mulya Zein (HMZ)-Iskandar, nmor urut dua, Abdul Syukur-Hilmi Fuad, nomor urut tiga, Dedi Swandy "Miing" Gumelar-Suratno Abubakar, nomor urut empat, Ahmad Marju Kodri (AMK)-Gatot Suprijanto dan yang terakhir Arief R Wismansyah-Sachrudin. (mc)