Header Ads

Banner_KPU

Akhinya, Hari Pencoblosan Diliburkan

MEDIA CENTRE-Hari 'H' Pilkada Kota Tangerang 31 Agustus 2013 ( pencoblosan), akhirnya menjadi hari libur lokal. Hal itu berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Pasalnya, Walikota Tangerang Wahidin Halim (WH) tidak mau menandatangi surat pengajuan libr yang dilayangkan KPU Banten beberapa waktu silam.

Ketua Pokja Sosialisasi dan Kampanye Syaiful Bahri mengatakan, Pemkot Tangerang malah menyerahkan kebijakan libur kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

"KPU baru terima surat pengantar dari Pemkot, Kamis (29/8) pagi . Setelah konsultasi dengan Asda (sisten daerah, red) dan Sekda (sekretaris daerah,red), surat tersebut baru dikirim ke Gubernur," ujarnya.

Dia menjelaskan, langkah alternatif itu ditempuh mengacu pada Peraturan Presiden (PP) No 17 tahun 2005 yang didalamnya termaktib, gubernur bisa mengeluarkan SK libur dengan surat pengantar dari kepala daerah setempat.

Ternyata Pemprov Banten merespon dan langsung menyetujui dengan mengeluarkan SK No 286/kep.440-Huk/2013 tentang Hari Libur Pemungutan Suara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Tangerang 2013.

Ditambahkan Ahmad Syafei, Sekretaris KPU Kota Tangerang, SK itupun langsung disebarkan ke sejumlah instansi terkait seperti Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dan Dinas Kepegawaian Kota Tangerang.

"Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi pemilih," tegasnya. (mc)