546 Bacaleg Akan Ditetapkan Jadi Caleg DPRD Kota Tangerang

Media Center-Sebanyak 546 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari 12 partai politik (Parpol) kontestan Pemilu 2014. Mereka nantinya akan tercantum di daftar caleg tetap (DCT) berdasarkan ketetapan KPU Banten. 

Untuk itu saat ini, kamis (22/8) malam agendanya KPU Banten melakukan proses pemarafan DCT oleh partai politik (Parpol) dilakukan oleh LO atau pengurus Parpol berkenaan dengan daftar calon yang akan ditetapkan oleh KPU Banten.

Acara tersebut dikemas dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri para tokoh dari 12 Parpol kontestan Pemilu 2014, dan salah satunya adalah Ketua DPD II partai Golkar Kota Tangerang Abdul Syukur yang diketahui juga sebagai calon Walikota Tangerang periode 2013-2018, para caleg dan Panwaslu Kota Tangerang. Kegiatan yang dilakukan di aula Hotel Olive, Karawaci itu berjalan tertib dan lancar.     

Dari jumlah daftar caleg sementara (DCS) hasil penetapan KPU Kota Tangerang yang dibekukan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akibat melakukan pelanggaran kode etik pada proses tahapan Pilkada Kota Tangerang 2013 ini adalah 547. Namun pada masa pergantian atau perbaikan yang dimulai tanggal 26 Juli-1 Agustus 2013, terdapat 3 bacaleg yang mengundurkan diri. Pertama, Ajeng Mayani dari Partai Demokrat nomor urut delapan daerah pemilihan (Dapil) tiga, kedua adalah Windi Garini dari Partai Gerindra nomor urut enam Dapil empat dan yang terakhir Rini Nur Aini dari Partai Gerindra nomor urut sembilan dapil lima. 

Tiga bacaleg perempuan yang mengundurkan diri ini, masih-masing dari Partai Demokrat digantikan Sisnarti dan dari Partai Gerindra Agustina Nurbaiti serta Ayi Ela Nurhayati. Sedangkan dari Partai Hanura yang bernama Azis Suhatma Hidayatullah diajukan Partai Amanat Nasinal (PAN) Dapil satu nomor urut delapan gugur sebagai caleg lantaran, masih aktif sebagai pegawai negeri sipil (PNS). 

"Dalam perundang-undangan bagi anggota TNI, polri dan PNS bila ingin maju sebagai caleg harus mundur terlebih dahulu dari statusnya tersebut. Namun saudara Azis Suhatma Hidayatullah hingga saat ini belum mengundurkan diri dari statusnya sebagai PNS," ungkap Syaiful Bahri, Ketua Pokja Pencalegan KPU Banten usai melakukan rapat pleno terbuka.

Dengan kondisi tersebut, kata Syaiful, KPU Banten mengeluarkan kebijakan secara otomatis bagi caleg perempuan yang menggantikan bacaleg yang telah mengundurkan diri, nomor urutnya dinaikan keatas.        

Usai menjelaskan hal itu, Syaiful langsung menguraikan jumlah caleg dari 12 Parpol kontestan Pemilu 2014 yang akan ditetapkan dalam DCT Kota Tangerang berjumlah 546 caleg. Mereka tersebar di Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebanyak 50 caleg yang terdiri 33 laki-laki dan 17 perempuan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 47 orang dengan 32 laki-laki dan 15 perempuan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 49 orang dengan 31 laki-laki dan 18 perempuan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 50 orang dengan 33 laki-laki dan 17 perempuan.

Dari Partai Golkar, lanjut Syaiful, terdapat 50 caleg yang terdiri 33 orang laki-laki dan 17 perempuan, Partai Gerindra sebanyak 50 caleg yang terdiri dari 32 laki-laki dan 18 perempuan, Partai Demokrat 48 caleg dengan 32 laki-laki dan 16 perempuan, Partai Amanat nasional (PAN) 49 caleg terdiri dari 33 laki0laki dan 16 perempuan.

"Sisanya dari PPP (Partai Perastuan Pembangunan, red) yaitu, 49 caleg yang terdiri 31 laki-laki dan 18 perempuan, Partai Hanuru 50 caleg dengan 33 laki-laki dan 17 perempuan, PBB (Partai Bulan Bintang, red) hanya 24 caleg yang terdiri 14 laki-laki dan 10 perempuan dan yang terakhir PKPI caleg yang akan ditetapkan dalam DCT sebanyak 30 orang yang terdiri 19 laki-laki dan 11 perempuan," urainya. (mc)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment