Dua Pasangan Balon Walikota Telah Jalani Tes Kesehatan

TANGERANG-KPU bersama Ikatan Dokter Indonesuia (IDI) Kota Tangerang mulai melakukan tahapan pemeriksaan kesehatan. Satu hari dijadwalkan dua pasangan bakal calon (balon) Walikota-Wakil Walikota yang mengikuti tes tersebut. Lokasi yang ditunjuk adalah RSUD Tangerang yang ditangani 35 orang dokter.

Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain mengatakan pada hari pertama, Senin (15/7) pasangan balon yang mendapatkan giliran pertama adalah Harry Mulya Zein (HMZ)-Iskandar dan Tb Dedy Swandi Gumelar alias Miing-Suratno Abubakar.

"Hasil koordinasi dengan IDI, kita gunakan RSUD Kota Tangerang, karena dalam aturan untuk pemeriksaan balon itu harus di rumah sakit berstatus negeri," ujar Syafril.

Pemeriksaannya, sambung mantan Ketua Panwaslu Kota Tangerang ini, dimulai pukul 06.30 Wib dan akan diuji oleh 35 orang dokter dengan 26 orang dokter specialis yang telah disiapkan IDI Kota Tangerang.

Untuk itu dikatakan Syafril, tim dokter dijadwalkan akan menyelesaikan seluruhnya hingga tanggal 20 Juli, sementara tanggal 21 Juli tim dokter sudah harus menyerahkan hasilnya ke KPU Kota Tangerang.

"Tanggal 22 kita sudah harus rapat pleno dan tanggal 23-24 dan 25 kita sudah harus tetapkan pasangan calon," tegasnya, seraya menambahkan, pada tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan balon ini, pasangan balon tidak bisa mewakilkan kepada tim kampanyenya.

"Ini menyangkut kepentingan pribadi masing-masing balon," tandas Syafril.

Ditambahkan, Ketua IDI Kota Tangerang dr. Djasarito mengatakan pemeriksaan kesehatan akan berlangsung selama tujuh jam untuk setiap balon walikota-wakil walikota.

"Teknis pemeriksaann dengan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) atau kemampuan mental dan Neurologi behavior atau fisik," jelas Djasarito.

Pihaknya juga meminta agar para balon tidak berpuasa saat menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Memang standartnya harus dalam kondisi fit. Pemeriksaan tidak dimungkinkan saat puasa," imbuhnya.

Usai jalani serangkaian tes kesehatan, di RSUD Tangerang  pasangan Tb Dedy Swandi Gumelar alis Miing mengaku optimis lolos.

"Alhamdulillah, saya belum pernah mengalami gangguan kesehatan dan saya juga tidak punya riwayat penyakit yang akut. Jadi saya yakin pasti lolos," ujarnya disela-sela sesi tes di Paviliun Wijaya Kusuma, RSUD Tangerang.

Pasangan duet Suratno Abubakar itu mengaku sudah menjalani 18 sesi tes kesehatan di antaranya, tes kejiwaan dan hasilnya sangat menggembirakan karena angka dari setiap item yang diperiksa rata-rata dalam batas normal.

"Saya tinggal rekam jantung dan telinga saja yang belum, kalau yang lain sih normal-normal saja," ucap Miing yang  mantan pelawak Bagito Grup itu.

Miing juga mengaku pernah dirawat pada 2004 lalu, tapi itu karena dirinya terkena Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Kalau soal saya sehat atau tidak, hanya tim dokter yang bisa menentukan. Tapi yang past,i saya optimis hasilnya baik, yang terpenting adalah saya siap memimpin Kota Tangerang, lima tahun ke depan," tuturnya.

Pantauan, HMZ datang di RSU Tangerang pukul 06.55 WIB, sementara pasangannya Iskandar datang pukul 06.35 WIB. Pasangan yang diusung oleh Partai Hanura-Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Partai Kebangkitan Nahdatul Umat (PKNU) itupun mengaku optimis akan lulus dalam sesi ini.

Namun, ketika dicecar pertanyaan oleh wartawan, HMZ enggan memberikan komentar, pria yang menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang itu hanya memberikan senyuman. (riles KPU Kota Tangerang)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment