.:: Selamat Datang di Website Resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang - Ingat Pemilu Presiden dan Wakkil Presiden Tanggal 9 Juli 2014 - Pastikan Anda Terdaftar Dalam DPT ::.

Minggu, 02 Juni 2013

Saat Ambil Formulir, ada Tiga Pasang Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang

KOTA TANGERANG- Tiga  pasang bakal calon (Balon) Walikota dan Walikota Tangerang hampir dipastikan akan bergandengan tangan untuk bertarung dalam Pemilukada Kota Tangerang 2013 yakni Dedi ‘Miing” Gumerlar-Suratno Abubakar, Harry Mulya Zein-Iskandar Zulkarnaen, dan Abdul Syukur-Hilmi Fuad. Kepastian tersebut setelah KPU Kota Tangerang membuka kesempatan kepada partai politik untuk mengambil formulir pendaftaran pada Jumat-Sabu (31/5-1/6).
Miing yang juga politisi Senayan, Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dipasangkan oleh DPC PDIP Kota Tangerang dengan Suratno Abubakar yang selama ini menjabat sebagai Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Tangerang. “Kami sudah sepakat menyandingkan Miing dengan Suratno sebagai Walikota dan Walikota Tangerang periode 2013-2018,” ujar Ketua PDIP Kota Tangerang Hendri Zein kepada wartawan.
Begitu juga dengan pasangan Harry Mulya Zein yang selama sosialisasi menyebutkan dirinya sebagai HMZ  berpasangan dengan  Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Tangerang Iskandar Zulkarnaen. HMZ yang sempat dikabarkan akan bergandengan tangan dengan Ketua DPD Partai Golkar Abdul Syukur, ternyata saat pengambilan formulir datang dengan Iskandar.  
Sementara Abdul Syukur dipastikan berpasangan dengan Hilmi Fuad karena saat pengambilan formulir pendaftaran di kantor KPU Kota Tangerang, Sabtu (1/6), mereka datang berdua. Abdul Syukur yang juga ketua DPD Partai Golkar Kota Tangerang datang langsung mengambil formulir bersama Hilmi. Keduanya  datang ke kantor KPU Kota Tangerang diiring puluhan kader Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahteraan (PKS).
“Saya sudah dapat rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk maju sebagai Walikota Tangerang. Dalam pencalonan ini, kami mencapai kesepakatan dengan PKS dan PKS mengajukan Pak Hilmi sebagai calon,” ujar Syukur seusai mengambil formulir.
Saat pengambilan formulir, Syukur mengenakan baju putih lengan panjang. Sedangkan Hilmi mengenakan baju putih yang selama ini menjadi ciri khas PKS. Syukur didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Tangerang PO Abas Sunarya dan Hilmi didampingi oleh Tengku Iwan yang menjabat Koordinator Pemenangan Pemilu.
Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain menjelaskan setelah dibuka kesempatan pengambilan formulir  selama dua hari mulai pukul 08:00 sampai 16:00 WIB,  semua partai politik baik parlemen maupun non-parlemen datang memanfaatkan kesempatan tersebut. Dari pengambilan formulir tersebut tergambar bahwa ada tiga pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang yakni Miing-Suratno diusung oleh PDIP dan PAN lalu HMZ-Iskandar didukung oleh Partai Gerindra, PPP, dan PKNU, sedangkan Syukur-Hilmi didukung oleh Partai Golkar dan PKS.
Syafril mengatakan partai politik lainnya yang mengambil formulir yakni Gerindra dan PKB mengusung Arif R Wismansyah yang selama ini menjabat Wakil Walikota Kota Tangerang sebagai walikota tanpa wakil.   Partai Hanura bersama gabungan partai politik non-parlemen mendukung Achmad Mardju Kodri (AMK)  sebagai walikota tanpa wakil. Partai Demokrat yang memiliki 13 kursi di DPRD Kota Tangerang mengambil formulir tanpa menyebutkan calon walikota dan wakil walikota.
“Soal Partai Gerindra mengusung dua calon berbeda, kami  serahkan kepada partai tersebut. Kami mengambil langkah setelah dilakukan pendaftaran pasangan calon,” tandas Syafril yang juga mantan ketua Panwaslu Kota Tangerang tersebut.
KPU Kota Tangerang  membuka pendaftaran pasangan calon oleh partai politik atau gabungan partai politik sejak 2 Juni sampai dengan 8 Juni 2013.   “Kita siap menerima pendaftaran pada tanggal tersebut,” tutur Syafril.
Sebagaimana diketahui Pemilu Walikota dan Walikota Tangerang  pemungutan suara akan dilakukan pada 31 Agustus 2013. Sebelumnya, dilaksanakan kampanye pada 14  Agusutus sampai denga 27 Agustus 2013. (se)