Header Ads

Banner_KPU

KPU-KPI Siapkan Aturan Pengawasan Penyiaran, Penyiaran dan Iklan Kampanye Pemilu


 Jakarta, kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyusun draft pengaturan dan pengawasan pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye Pemilu 2014. Draft tersebut, rencananya akan dituangkan menjadi naskah nota kesepahaman atau MoU (memorandum of understanding), yang akan diteken oleh kedua belah pihak paling lambat pada akhir Januari ini.

“Draft nota kesepahaman yang disusun oleh KPU bersama KPI berisi tiga hal. Pertama, kerja sama dan koordinasi pengaturan dan pengawasan pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye Pemilu 2014 beserta sanksinya. Kedua, kerja sama peningkatan sumber daya manusia di sektor itu. Dan ketiga, edukasi, sosialisasi, pelatihan, dan penyuluhan bersama literasi media terkait hal tersebut,” urai anggota KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, dalam pertemuan di Gedung KPU, Jl. Imam Bonjol No. 29, Jakarta, Senin (21/1).
 
Ferry menginginkan nota kesepahaman itu dapat diteken pada minggu keempat Januari 2013, atau paling lambat pada akhir Januari 2013.

”Mudah-mudahan minggu depan MoU sudah bisa kita teken. Atau paling lambat pada akhir Januari ini,” tegasnya.

Lanjut Ferry, nota kesepahaman itu akan disempurnakan dengan pembuatan peraturan bersama antara KPU dan KPI yang berisi teknis pengaturan dan pengawasan pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye Pemilu 2014.

“Harus ada peraturan bersama antara KPU dan KPI terkait teknis pengaturan dan pengawasan itu. Ini gongnya MoU,” ujarnya.

Selain itu, tambah Ferry, dalam nota kesepahaman, kedua pihak sepakat untuk membentuk desk bersama dalam pengawasan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye Pemilu 2014. Dalam desk bersama tersebut, selain KPU dan KPI, juga akan disertakan para pemangku kepentingan terkait penyelenggaraan Pemilu 2014.

“Selain KPU dan KPI, dalam desk bersama nanti akan dilibatkan stakeholder penyelenggaraan pemilu,” ujar mantan Ketua KPU Jawa Barat itu.

Selain Ferry, pertemuan itu dihadiri oleh anggota KPU, Hadar Nafis Gumay, dan Komisioner KPI, Azimah Subagijo dan Idy Muzayyad. (dd/red. FOTO KPU/dosen/hupmas)