.:: KPU Kota Tangerang Mengucapkan Terima Kasih kepada Para Mitra Kerja dan Seluruh Masyarakat Kota Tangerang yang Telah Berpartisipasi dalam Menyukseskan Pemilu 2014, sehingga KPU Kota Tangerang Meraih Penghargaan dalam Ajang KPU Award Provinsi Banten 2014 ::.

Rabu, 02 Januari 2013

4 Parpol Lolos Verifikasi Faktual

KOTA TANGERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang hanya meloloskan empat partai politik dari 18 partai yang direkomendasikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk diverifikasi faktual sebagai partai politik calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. 


Keempat partai politik itu yakni Partai Nasional Republik (Nasrep), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Damai Sejahtera (PDS), dan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB). 

"Verifikasi faktual dilakukan setelah KPU Kota Tangerang mendapat perintah dari KPU RI melalui surat nomor 681 tahun 2012 tentang pelaksanaan verifikasi faktual 18 partai politik calon peserta Pemilu 2014," ujar Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain kepada wartawan, Mingggu (30/12/2012). 

Dia menambahkan, 18 partai politik yang ada sebenarnya sudah tidak lulus verifikasi administrasi. Namun, adanya rekomendasi DKPP, membuat mereka diikutsertakan verifikasi faktual kembali.

“Dari 18 partai politik, yang layak untuk diverifikasi faktual adalah enam partai. Sedangkan dari enam partai politik yang diverifikasi faktual hanya empat partai politik yang memenuhi syarat,” tegasnya. 

Verifikasi faktual dilaksanakan selama dua minggu dengan masa perbaikan pada 14-18 Desember 2012. Pelaksanaan verifikasi faktual berakhir pada 27 Desember 2012, dan setelah dilakukan rapat pleno terbuka hasil verifikasi faktual dengan mengundang 18 partai politik untuk hadir di kantor KPU Kota Tangerang pada Sabtu, 29 Desember 2012.

“Dalam rapat pleno terbuka itu, KPU Kota Tangerang memaparkan hasil verifikasi faktual. Rapat pleno terbuka selain dihadiri 18 pimpinan partai politik juga hadir Panwaslu Kota Tangerang, unsur pemda, dan polisi,” urai Syafril.

Satu partai yakni Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) menyatakan keberatan atas hasil verifikasi faktual. Ketua PDK Kota Tangerang Muhammadin dalam nota keberatannya meminta kepada KPU Kota Tangerang agar partainya diluluskan karena dari 101 anggota yang diverifikasi faktual, 98 memenuhi syarat dan 3 tidak memenuhi syarat. 

“Kami berharap KPU Kota Tangerang mau meloloskan partai PDK karena kekurangan hanya dua,” harap Muhammad.

Menanggapi hal tersebut, Syafril mengatakan, KPU Kota Tangerang tidak dapat memberikan toleransi apa pun kepada PDK karena hasil vefifikasi faktual memang tidak memenuhi syarat. “Itulah hasil verifikasi faktual dan terimalah apa adanya,” tandas Syafril yang mantan ketua Panwaslu Kota Tangerang itu.

Sedangkan partai politik yang tidak lolos verifikasi faktual yakni PDK, Partai Republik, Partai Kedaulatan, Partai Bhineka Indonesia (PBI), Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), dan Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI). 

Selain itu, ada juga Partai Nasional  Indonesia Marhaenisme (PNI Marhaenisme), Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), Partai Karya Republik (Pakar), Partai Buruh, Partai Kongres, Partai Republik Nusantara (Republikan), dan Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI).