Akhirnya 6 Parpol Penuhi Syarat Verifikasi Faktual


KPU Kota Tangerang – Akhirnya enam partai politik lolos dan memenuhi  syarat sebagai calon peserta Pemilu 2014 di Kota Tangerang. “Setelah keenam partai politik tersebut memasukkan data dan dokumen perbaikan kepada kami, kemudian diverikasi faktual ulang dan hasilnya memenuhi syarat,” ujar Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain kepada wartawan seusai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil  verifikasi  faktual partai politik, Rabu (19/12).

Syafril menjelaskan keenam partai  politik tersebut Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB),  Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Peduli Rakyat  Nasional (PPRN). Keenam parati politik ini adalah bagian dari 16 partai politik yang dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Kota Tangerang.

Dari enam partai politik tersebut, kata Syafril, dua di antaranya yakni Partai Demokrat yang diverifikasi faktual ulang soal kepengurusan dan Partai Nasdem menyangkut kantor sekretariat. Sedangkan empat partai lainnya mengenai keanggotaan yang diverifikasi ulang. Dari hasil verifikasi faktual ulang keempat partai politik tersebut dapat membuktikan bahwa keanggotannya melebihi dari 1.000 orang sebagaimana yang disyaratkan dalam Undang-undang Republik Indonesia (RI) Nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD.

“Alhamdulillah partai kami lolos dan memenuhi syarat,”  ucap Baihaki, ketua Partai Demokrat seusai menerima berita acara hasil verifikas faktual.

Sedangkan delapan partai politik yang sudah memenuhi syarat pada proses verifikasi faktual awal yakni Partai Keadilan Sejahteraan (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai  Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Nasional (PPN). 

Menurut Syafril, ada dua partai politik yang semula belum menyerahkan berkas  persyaratan yakni Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) dan Demokrasi Pembaruan (PDP).    Namun,  pada masa perbaikan yakni mulai tanggal 27 November sampai dengan 3 Desember 2012 dimanfaatkan oleh PKBIB dengan memasukan data dan dokumen kepada KPU Kota Tangerang. Sedangkan PDP tetap tidak memasukkan berkas persyaratan.

 “Setelah kami verifikasi faktual terhadap dokumen kepengurusan dan keanggotaan, PKBIB mampu membuktikan keanggotaan melebihi dari 1.000 orang. Begitu juga dengan kepengurusan dan keterwakilan perempuan mencapai 57 persesen, jauh melebihi 30 persen yang disyaratkan. Dengan demikian PKBIB memenuhi syarat,” tandas Syafril yang juga mantan ketua Panwaslu Kota Tangerang itu.

Dengan demikian, kata Syafril, di Kota Tangerang ada 15 partai politik yang memenuhi syarat dan satu partai politik yakni PDP tidak memenuhi syarat.  “Hasil verifikasi faktual partai politik ini dalam bentuk berita acara akan diserahkan kepada KPU Provinsi Banten,” papar Ketua KPU Kota Tangerang itu.    

Pada acara rapat pleno terbuka tersebut hadir  anggota KPU Banten Agus Surpriyatna, ketua dan sekretaris 14  partai politik atau yang mewakil. Hadir juga ketua Panwaslu Kota Tangerang Tahono dan unsur Pemerintah Daerah dan polisi. (se)
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment