KPU Siapkan Portal yang Lebih Menarik

Jakarta, kpu.go.id- Portal merupakan sarana informasi dan komunikasi sebuah lembaga baik dengan masyarakat luas maupun dengan kalangan internal organisasi. Melalui portal, siapapun dapat mengakses informasi dan kegiatan lembaga yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan.
“Portal merupakan urat nadi lembaga dalam menyampaikan informasi dan berkomunikasi, baik ke dalam maupun ke luar,” ujar Ketua KPU RI Husni Kamil Manik saat membuka rapat pembuatan portal KPU RI yang digelar di Pomelotel tadi malam (24/9).

Turut hadir dalam acara tersebut anggota KPU RI Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Sekjen KPU RI Suripto Bambang Setyadi, Kepala Biro Perencanaan dan Data Moyong Hariyanto, Wakil Kepala Biro Perencanaan dan Data Ahmad Jusnadi, Wakil Kepala Biro Teknis dan Hupmas Supriyatna.

Kata Husni, portal juga merupakan alat ukur sejauh mana KPU dapat menyajikan data yang dibutuhkan publik. Kehadiran portal tak lagi sekadar sarana informasi dan komunikasi tetapi sekaligus dokumentasi, pengelolaan arsip dan catatan penting lainnya.

Mantan anggota KPU Sumatera Barat dua periode ini menambahkan portal KPU harusnya menjadi sumber informasi yang paling akurat terhadap proses penyelenggaraan pemilu. Sayangnya selama ini sumber informasi yang tersedia di portal masih minim. “KPU harusnya paling akurat dalam menyampaikan informasi bukan lembaga-lembaga survei dan sekarang publik menunggu itu,” ujarnya.

Komunikasi dan interaksi melalui portal akan memudahkan KPU RI mendeteksi semua proses pemilukada di seluruh Indonesia. Portal ini juga menjadi alat KPU untuk menjawab dan menjelaskan pertanyaan yang muncul dari publik. “Persoalan yang terjadi di KPU Kota Batu misalnya dapat dijelaskan ke publik jika mereka mau memanfaatkan portal ini sehingga publik tidak menghakimi KPU,” ujarnya.

Persoalan-persoalan pemilu yang muncul di daerah lain seperti Tulangbawang dan Papua sudah menjadi konnsumsi nasional. Karena itu, sudah saatnya informasi perkembangan pemilukada di daerah itu disampaikan melalui portal. Bahkan, kata Husni, para wartawan yang ngepos di KPU pun belum familiar dengan portal KPU. “Ini dapat dilihat, media masih jarang mengutip informasi dari portal kita,” ujarnya.

Husni menegaskan desain portal KPU tuntas tahun ini sehingga dapat menjawab kebutuhan informasi untuk internal KPU dan masyarakat luas. Sementara Komisioner KPU yang membidangi hubungan masyarakat, data informasi dan hubungan antarlembaga Ferry Kurnia Rizkiyansyah menilai portal KPU yang ada sekarang masih bersifat informatif dan belum menjadi pusat data.

“Desain portal harus lebih bagus, menarik, kreatif, interaktif dan imajinatif. Portal ini harus benar-benar menjadi pusat data dan informasi KPU sehingga menjadi rujukan bagi semua pihak,” ujarnya.

Sekjen KPU RI Suripto Bambang Setyadi meminta koordinasi dan kerja sama yang baik antar biro, bagian dan subbagian sehingga kegiatan sosialisasi tahapan pemilu dan tupoksi KPU dapat berjalan dengan baik.

“Ada dua biro yang berkaitan dengan pengelolaan portal yakni Biro Perencanaan dan Data serta Biro Teknis dan Hupmas. Saya minta masing-masing bagian, subbagian dan tim yang sudah dibentuk mengerti dan menjalankan tugasnya dengan baik. Jika nanti ada masalah, jangan saling lempar tanggung jawab,” pesannya. (Gd. dok:dd/hupmas) 
Share on Google Plus

About KPU Kota Tangerang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment